Cara Mengatasi Kutu Daun
Perawatan Tanaman

13 Cara Membasmi Kutu Daun Secara Alami Paling Ampuh

Cara Membasmi Kutu Daun Secara Alami – Bagi kamu yang sedang mendalami budidaya tanaman baik tanaman Hias maupun Sayuran pastinya ada masa dimana Budidaya tersebut di ganggu oleh Hama. Hama sendiri ada berbagai macam salah satunya adalah hewan yang menggangu, salah satu yang sering kita jumpai adalah ganguan Kutu daun yang sangat menggangu. Dimana gangguan kutu daun dengan jumlah yang tidak terkontrol jelas akan membuat tanaman kamu menjadi rusak atau bahkan mati.

Meskipun terbilang sulit untuk bisa di kendalikan namuan sejatinya kutu daun masih bisa di tangani dengan baik asalkan kamu pantang menyerah. Kamu harus memiliki keuletan yang tinggi dalam melakukan proses pengusiran terhadap kutu daun tersebut.

Selain hama dan penyakit tanaman juga dapat terserang oleh kutu daun. Kutu daun dapat menyebabkan tanaman Anda layu, daun berlubang, daun menggulung dan menghambat pertumbuhan tanaman. untuk itu Anda perlu tahu cara membasmi kutu daun secara alami. Kutu daun sangat merugikan bagi tanaman Anda. Terdapat beberapa cara untuk membasmi kutu daun yang ada pada daun tanaman Anda.

Ada beberapa cara membasmi kutu daun, namun sangat CocokTanam.com anjurkan untuk menggunakan saran alami saja. Dengan menggunakan bahan alami jelas akan membuat tanaman terminimalisir dari kontaminasi bahan berbahaya yang juga akan berbahaya nantinya kepada habitat lainnya Berikut akan dibahas mengenai membasmi kutu daun secara alami.

Cara Membasmi Kutu Daun Secara Alami

Cara Membasmi Kutu Daun Secara Alami
Cara Membasmi Kutu Daun Secara Alami

1.Bawang Putih

Bahan alami yang ampuh untuk membasmi kutu daun adalah bawang putih. Aroma bawang putih yang menyengat rupanya tidak disukai oleh kutu daun. Caranya cukup mudah, haluskan 4-5 bawang putih kemudian campurkan dengan satu liter air dan semprotkan pada daun.

Gunakan semprot pestisida alami ini setiap satu minggu satu kali untuk mengendalikan kutu daun. Namun ingat semprotkan pada bagian daun yang memiliki kutu daun. Dijamin semrpotan pestisida alami ini dapat menghilangkan kutu daun.

2. Campuran Bawang Putih dan Cabai

Bahan alami kedua adalah bawang putih dan cabai. Campuran bawang putih dan cabai dapat dijadikan pestisida alami untuk membasmi kutu daun. Caranya sangat mudah yaitu haluskan cabai dengan bawang putih.

Kemudian tambahkan dengan air hangat sebanyak 500 ml, kemudian diamkan campuran selama satu malam. Letakkan campuran tadi di tempat yang terang. Setelah itu saring campuran tadi dan semprotkan pada daun yang terkena kutu daun. Cara ini selain alami juga murah dan mudah dilakukan. Anda dapat menggunakan cabai merah keriting maupun cabai rawit.

3. Air Garam

Garam merupakan bahan dapur yang dapat dijadikan sebagai pengusir kutu daun. Cara membuatnya mudah cukup campurkan garam dengan air dan semprotkan pada daun yang terkena kutu.

Dijamin kutu daun akan pergi dari daun tanaman Anda. lakukan penyemprotan secara rutin agar kutu daun tidak datang lagi. Cara ini terbilang aman karena garam merupakan bahan alami. Selain itu garam tidak akan merusak tanaman. Keuntungan lainnya garam merupakan bahan yang murah dan cara ini mudah dilakukan.

4. Semprot Air Selang

Menyemprot daun dengan air dari selang juga dapat menghilangkan kutu daun. Hal ini karena kuatnya aliran air dari selang akan membuat kutu daun terlepas dari daun. Terutama apabila Anda menyemprotkan langsung selang pada daun tempat bekumpulnya kutu.

Kutu daun akan terlempar bersama dengan air yang Anda semprotkan. Dan lama-kelamaan kutu akan mati karena terendam air. lakukan penyemprotan secara rutin 1 hingga 2 kali dalam satu hari

5. Menggunting Daun

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunting daun tempat berkumpulnya kutu daun. Cara ini paling mudah dilakukan karena tidak memerlukan bahan lain. Cukup dengan gunting untuk memotong daun yang terkena kutu daun.

6. Daun Tembakau, Biji Lerak dan Labu Siam

Daun tembakau dapat digunakan sebagai pestisida alami untuk menghilangkan kutu daun. Caranya sangat mudah yaitu rendam tembakau bersama biji lerak dan labu siam dalam satu liter air. tambahkan dengan setengah liter air hangat.Untuk biji lerak dan labu siam haluskan terlebih dahulu sebelum ikut direndam. Kemudian diamkan selama satu malam dan saring. Kemudian ambil 100 ml pestisida tadi tambahkan dengan 5 liter air dan smprotkan pada tanaman yang terkena kutu daun.

7. Kulit Jeruk

Kutu Daun Pada Tanaman
Kutu Daun Pada Tanaman

Bahan alami lainnya adalah kulit jeruk. Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk yang biasanya dibuang menjadi pengusir kutu daun. Cara membuatnya cukup mudah, kumpulkan sejumlah kulit jeruk kemudian tambahkan 500 ml air mendidih. Diamkan selama 24 jam dan tutup tempat merendam kulit jeruk. Setelah itu saring dan semprotkan cairan pada daun yang terkena kutu daun.

8. Cabai Rawit, Bawang Putih dan Lemon

Campuran cabai rawit, bawang putih dan lemon ternyata dapat membasmi kutu daun. Caranya mudah, haluskan bawang putih dan cabai rawit  tambahkan dengan 2 liter air dan tambahkan air perasan jeruk lemon.

Diamkan campuran selama 24 jam dan tutup dengan rapat. Setelah satu malam buka dan saring campuran. Tambahkan dengan 13 liter air lalu semprotkan pada daun yang terdapat kutu daun.

9. Daun Sirih, Serai dan Bawang Merah

Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk membasmi kutu daun. Sedangkan serai dan bawang merah memiliki aroma yang menyengat dan tidak disukai oleh kutu daun.

Cara membuat pestisida alami ini snagat mudah, yaitu haluskan semua bahan dan tambahkan 10 liter air. Diamkan selama satu malam dan semprotkan pada tanaman yang terkena kutu daun. Cara ini dijamin ampuh dalam membasmi kutu daun.

10. Biji Jarak

Biji jarak juga dapat digunakan sebagai alternatif membasmi kutu daun. Caranya sangat mudah cukup haluskan biji jarak, tambahkan dengan 2 liter air dan panaskan sebentar. Setelah itu dinginkan dan semprotkan ke tanaman.

11. Daun Pepaya

Daun pepaya juga bisa digunakan sebagai pembasmi kutu daun. Cukup haluskan daun pepaya dan campurkan dengan air. rendam selama 24 jam lalu saring. Semprotkan cairan ke tanaman yang terdapat kutu daun.

12. Biji Mahoni dan Daun Tembakau

Biji mahoni terkenal dengan rasanya yang sangat pahit. Biji mahoni juga dapat digunakan sebagai pembasmi kutu daun. Cara membuatnya sangat mudah, haluskan biji mahoni dan daun tembakau. Kemudian masing-masing rendam dalam 500 ml air hangat, diamkan selama satu malam. Setelah itu saring masing-masing larutan dan campur larutan menjadi satu.

Baca Juga Informasi Lainnya
Kandungan Pupuk NPK MutiaraCara Menanam Bawang Merah

Setelah tercampur rata, tambahkan kembali 10 liter air dan semprotkan pestisida alami pada tanaman yang terkena kutu daun. Mudah bukan cara membasmi  kutu daun secara alami diatas. Masih ada banyak lagi cara alami lainnya untuk membasmi kutu daun. Sebaiknya gunakan dahulu cara alami untuk membasmi hama, karena murah, mudah dilakukan dan yang terpenting ramah lingkungan. Simak juga nih ulasan menggenai “Kegunaan Pupuk KCL Untuk Pertumbuhan Tanaman” pada artikel cocok tanam sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *