Hama Kutu Daun
Perawatan Tanaman

11 Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Paling Mudah

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman – Kutu putih merupakan salah satu hama hewan yang paling di benci mereka yang sedang menggeluti budidaya cocok tanam. Kutu putih sendiri bisa terlihat dari bekas daun yang mereka tinggali dengan warna putih di beberapa bagian daun pada tanaman. Pada umumnya kutu putih menghisap getah pada daun yang mereka tempati.

Tak ayal daun yang di tempati kutu putih akan berubah warna menjadi gosong bila tidak cepat di atasi. Penanganan Terhadap kutu putih ini sendiri membutuhkan kesabaran yang sangat ekstra. Karena bisa suatu saat datang lagi ke budidaya tanaman kamu.

Kutu putih atau kutu kebul merupakan hama yang sering menyerang tanaman. Kutu putih sangat menganggu pertumbuhan tanaman karena kutu putih menutupi daun yang berfungsi untuk memasak makanan. Terdapat banyak cara membasmi kutu putih pada tanaman, baik alami maupun kimia. Dalam kesemapatan kali ini COCOKTANAM.COM akan memberikan ulasan menggenai cara membasi hawa seperti ini

Serangan hama  kutu putih akan sangat menghambat pertumbuhan tanaman. Kutu putih pada tanaman dapat dihilangkan dengan mudah. Kesabran dan waktu yang tepat merupakan kunci untuk bisa membasmi hewan yang satu ini. Berikut beberapa cara menghilangkan kutu putih pada tanaman.

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman
Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman

1. Batang Serai

Air rebusan batang serai dapat menghilangkan kutu putih pada tanaman. cara ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan merebus batang serai yang sudah dihaluskan atau di geprek. Rebus batang serai hingga mendidih.

Kemudian dinginkan air rebusan batang serai dan saring. Setelah benar-benar dingin Anda bisa menambahkan detergen dalam rebusan serai tadi. Selanjutnya semprotkan campuran tadi pada tanaman yang terdapat kutu putih. Penyemprotan dapat Anda lakukan seminggu 3 kali sampai kutu putih benar-benar hilang. Lakukan secara rutin agar kutu putih tidak muncul lagi.

2. Air Sabun Cuci Piring

Selain menggunakan batang serai air sabun cuci piring juga dapat digunakan sebagai pembasmi kutu putih pada tanaman. Caranya sangat mudah cukup campurkan air dengan sabun cuci piring lalu semprotkan pada tanaman yang ada kutu putihnya. Anda juga dapat melakukan cara lain dengan menyikatkan sabun cuci piring pada tanaman Anda.

Namun cara ini akan menyita banyak waktu Anda. lakukanlah penyemprotan sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Lakukan secara rutin maka dijamin tanaman Anda bebas kutu putih.

3. Penangkap Kutu Putih

Di toko bahan pertanian tersedia yang namanya penangkap kutu putih tanaman. Penangkap kutu putih biasanya terbuat dari karton berwarna kuning cerah yang terdapat zat yang lengket. Penangkap kutu putih ini biasanya digantungkan di dekat tanaman.

Selain dengan membeli Anda juga dapat membuat sendiri penangkap kutu putih Anda. caranya mudah siapkan kertas karton, kemudian warnai kertas karton dengan warna kuning cerah. Hal ini karena kutu putih dewasa menyukai warna kuning cerah.

Setelah itu berikan zat penglengket atau Anda dapat menggunakan lem. Setelah itu gantungkan kertas karton tadi disekitar tanaman. Prinsip kerja alat ini adalah akan menangkap kutu putih yang tadinya akan hinggap di tanaman.

4. Menggunakan Penyedot Debu

Selain cara diatas Anda juga dapat menggunakan penyedot debu yang Anda miliki untuk menyedot semua kutu putih yang menempel pada tanaman. Setelah itu kantong debu yang terdapat kutu putih, bekukan kantong selama satu malam untuk membunuh kutu putih.

5. Pelihara Pemangsa Kutu Putih

Laba-laba merupakan salah satu pemangsa dari kutu putih. Anda dapat memelihata laba-laba dan meletakkannya di tanaman Anda agar tidak ada kutu putih. Laba-laba akan memangsa setiap kutu putih yang akan menempel pada tanaman.

6. Bibit Parasit Kutu Putih

Selain dengan serangga pemangsa kutu putih, Anda juga dapat menggunakan bibit parasit kutu putih untuk membasmi kutu putih. Salah satu parasit kutu putih adalah Encarsia Formosa atau keluarga Encarsia lainnya.

Bentuk parasit ini menyerupai tawon yang akan memakan kutu putih yang ada di tanaman. sitem kerja Encarsia adalah mengganggu sistem reproduksi dari kutu putih. Oleh karena itu kutu putih tidak dapat berkembang biak. Anda dapat membeli parasit ini di toko yang menjual bahan-bahan pertanian atau perkebunan.

7. Insektisida

Mengatasi Kutu Daun
Mengatasi Kutu Daun

Cara yang paling mudah adalah Anda dapat menggunakan bahan insektisida kimia. Insektisida sering digunakan oleh petani untuk membasmi kutu putih. Hal ini karena bahan kimia sangat ampuh dalam membunuh kutu putih.

Anda dapat membeli insektisida di toko pertanian. Lakukan penyemprotan insektisida sebanyak satu minggu dua kali. Lakukan dengan teratur maka kutu putih pada tanaman Anda akan hilang.

8. Memotong Daun

Selain menggunakan insektisida Anda juga dapat menggunakan cara non kimia dengan cara memotong bagian daun yang terdapat banyak kutu putih. Cara ini akan mengurangi kutu putih pada tanaman Anda secara berkala. Lakukan pemangkasan dengan rutin agar kutu putih segera hilang.

9 Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang dapat digunakan untuk membasmi kutu putih. Bawnag putih memiliki aroma yang menyengat yang tidak disukai oleh kutu putih. Caranya sangat mudah cukup haluskan bawang putih dan tambahkan air.

Kemudian saring dan semprotkan pada tanaman yang terdapat kutu putih. Lakukan secara teratur agar kutu putih tidak lagi datang ke tanaman Anda. Anda dapat melakukan penyemprotan dengan air bawang putih setiap dua minggu satu kali.

10. Cairan Cabai

Selain bawang putih bumbu dapur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai pembasmi kutu putih pada tanaman.  acranya juga cukup mudah dengan menghaluskan cabai kemudian dicampur dengan air dan disemprotkan pada tanaman.

Jika Anda melakukan dengan teratur maka dijamin tanaman Anda akan bebas dari kutu putih. Anda dapat melakukan penyemprotan sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk menghilangkan kutu putih.

11. Detergen Pakaian

Selain menggunakan sabun pencuci piring Anda juga dapat menggunakan detergen pakaian. Dtergen pakaian yang bersifat panas bagi tubuh kutu putih dapat membunuh kutu putih pada tanaman Anda.

Caranya hanya dengan mencampurkan detergen pakaian dengan sejumlah air kemudian menyemprotkan  cairan pada tanaman yang terserang kutu putih. Jika Anda melakukan dengan rutin dan teratur maka lama-kelamaan kutu putih akan hilang dari tanaman Anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Kegunaan Pupuk KCLCara Membasmi Rayap

Beberapa cara diatas merupakan cara membasmi kutu putih pada tanaman. Akan lebih baik jika Anda selalu memeriksa tanaman Anda, karena apabila ada kutu putih dengan jumlah sedikit akan jauh lebih mudah dihilangkan sebelum kutu putih berkembang menjadi banyak. Demikian informasi kali ini menggenai “Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman” semoga bisa menjadi tambahan inspirasi.