Cara Menanam Durian Musang King
Budidaya Buah

6 Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian Musang King – Ada banyak sekali jenis durian yang dibudidayakan di Indonesia. Salah satu yang terpopuler adalah Durian Musang King. Nama latin dari durian ini adalah adalah  Durio Zibethinus L. Durian tersebut pertama kali di Malaysia. Kemudian di Indonesia diubah namanya menjadi durian kunyit dan pada akhinya tersebar luas dengan nama musang king.

Karakteristik durian jenis ini sedikit berbeda dengan jenis durian lainnya, seperti Montong, Bawor, Petruk, ataupun jenis yang lainnya. Bagi para pecinta durian pasti bisa membedakannya, karena rasa dan karakteristinya memang sangat unik.  Nah bagi kalian yang penasaran ingin mengetahui bagaimana karakteristik serta cara menanam durian musang king, silahkan simak informasi cocoktanam.com berikut ini.

 Ciri Ciri Durian Musang King

Karakteristik Durian Musang King
Karakteristik Durian Musang King

Banyak sekali keistimewaan yang ada pada durian musang king ini. Diantaranya adaah buah yang berwarna kuning, rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Mampu tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian tidak lebih dari 1.000 mdpl, sehingga masuk dalam kriteria durian kering terbaik.

Tapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menanamnya pada lahan dengan ketinggian 400 hingga 600 meter di atas permukaan laut.  Jenis musang king sangat menyukai daerah dengan tingkat curah hujan yang tinggi dan memiliki iklim basah.

Tidak heran, jika Anda lebih sering menemukan pohon durian bisa berbuah di daerah pegunungan dibandingkan dengan dataran biasa. Apalagi jika tanahnya lembab subur dan gembur, kaya akan nutrisi dan memiliki kedalaman air yang tidak lebih dari 1 meter.

Untuk ukuran dan rasa durian musang king ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama yaitu ketersediaan unsur hara iklim.

Kedua jenis penyerbuk yang akan membantu dalam hal produksinya. Harganya tergolong tinggi, sehingga Anda berkesempatan untuk memperoleh banyak keuntungan.

Cara Menanam Durian Musang King

Cara Menanam Durian Musang King
Cara Menanam Durian Musang King

Untuk cara menanamnya sendiri, tergolong cukup mudah. Apalagi jika Anda membeli bibit durian yang sangat berkualitas, akan lebih cepat berbuah. Nah untuk mengetahui bagaimana cara budidaya durian musang king yang benar agar pohon bisa tumbuh subur dan berbuah banyak, silahkan simak informasi cocoktanam.com berikut ini.

1. Persiapkan Lahan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda memiliki lahan dengan tinggi 400-800 mdpl dengan sinar matahari 40%-50% maka menanam durian musang king adalah pilihan yang tepat.

Lahan yang baik untuk tanaman ini harus mempunyai suhu antara 20°C hingga 30°C. Dengan curah hujan 1500 hingga 2500 mm per tahunnya. Anda tidak disarankan menanam dalam pot, karena akanya sangat kuat dan menjalar.

  • Bersihkan lahan dari tanaman lain, gulma atau lainnya. Pastikan sudah bersih.
  • Buatlah lubang untuk menanam bibit. Berikan jarak sekitar 10m x 10m dari lubang lainnya. Lebar 80 cm dan panjang 100 cm.
  • Anda bisa memberikan pupuk kompos atau kandang ke dalam lubang tanaman terlebih dahulu, agar lebih subur.
  • Pastikan lahan yang Anda siapkan terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah diberikan pupuk dan terkena sinar matahari, biarkan selama minimal 3 hari dan maksimal satu minggu. Tujuannya untuk mematikan bakteri atau virus yang menempel di tanah.

2. Lakukan Pemilihan Bibit

Sebelum Anda membawa pulang bibit, alangkah baiknya memperhatikan ciri-ciri di bawah ini :

  1. Sudah cukup umur, ditandai dengan batang yang besar dengan tinggi sekitar 15 cm.
  2. Membeli di tempat yang terpercaya dan usahakan bersertifikat. Karena hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan pohon durian musang king kedepannya.
  3. Pilihlah bibit yang daunnya tidak rusak, tidak terkena penyakit dan tidak terlalu jangkung.
  4. Terakhir, memiliki banyak tunas baru.

3. Mulai Proses Menanam

Sebenarnya, untuk cara menanam durian musang king tidak cukup sulit. Anda hanya perlu mengikuti tahapan-tahapannya :

  • Pindahkan bibit yang sudah dibeli ke lubang tanam.
  • Buka polybag dan masukkan dengan hati-hati. Jangan sampai merusak akar atau batangnya. Karena akan berdampak pada hasilnya di kemudian hari.
  • Kemudian timbun kembali dengan tanah dan polybag sebelumnya dibiarkan menempel. Tujuannya agar tanaman bisa beradaptasi terlebih dahulu.
  • Anda bisa melakukan pemukukan di sekitar lubang tanam dan menyirami air secukupnya. Sebaiknya lakukan pada musim penghujan, agar suplai air mencukupi.

Perlu Anda ingat, walaupun membutuhkan asupan air yang sangat banyak, tetapi jangan sampai ada genangan.

  • Pastikan ketika Anda meletakkannya posisi batang tegak lurus.
  • Anda bisa melakukan teknik penanaman menggantung. Yaitu dengan carameninggikan tanah agar pertumbuhan bibit menjadi lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Anda harus mematuhi jarak yang sudah dipatok. Jangan lebih atau kurang, karena hal ini akan berkaitan dengan tumbuh tanaman, dan ketersediaan unsur hara. Pasti Anda tidak ingin kan jika pohon terhampat pertumbuhannya hanya karena jarak yang terlalu dekat.

4. Perawatan Durian Musang King

Agar mendapatkan hasil panen yang maksimal, setelah ditanam tidak hanya dibiarkan begitu saja. Tetapi harus dirawat dengan sungguh-sungguh. Layaknya manusia, tanaman juga butuh makan.

Anda harus  memberikan pupuk secara rutin, entah itu NPK atau kompo sebanyak satu sendok teh yang dilarutkan ke dalam 10 liter air. Anda bisa menggunakannya untuk 10 tanaman.

Kemudian semprotkan juga pupuk Gandasil D pada 7-10 hari sekali. Jika dirasa perlu menambahkan kesuburan tanah maka Anda bisa menggunakan pupuk kandang kering yang serupadengan fermentasi.

Takarannya satu gayung dan tabur di sekitar tanaman. Ingat ya, jangan terlalu banyak karena justru akan menghambat pertumbuhan. Pun jka mulai ada penyerangan hama seperti ulat, segera semprot dengan pestisida.

Bersihkan semuanya termasuk gulma dan tanaman pengganggu, agar zat hara tidak habis dimakan.

5. Masa Panen

Jika beberapa step di atas Anda lakukan dengan benar. Maka dalam jarak 4 hingga 5 tahun durian yang Anda harapkan bisa berbuah. Anda bisa menjualnya sendiri atau diantarkan ke pasa, keuntungan yang akan didapatkan bisa jadi lebih banyak.

6. Keuntungan Menanam Durian Musang King

Apabila sukses menanam durian asal Malaysia ini, maka kalian akan mendapatkan keuntungan sangat besar. Pasalnya harga durian musang king sangatlah mahal. Menurut pantuan kami di Tokopedia, satu buah durian musang king dengan bobot 1.5 kg bisa mencapai 450 Ribu Rupiah.

Bayangkan jika kalian memilih 10 pohon musang king, tentu keuntungan selama satu kali masa panen bisa mencapai puluhan juta rupiah. Belum lagi jika buah yang didapatkan berukuran lebih dari 3 kg, tentu harganya akan semakin mahal.

Setelah mengetahui keuntungan yang didapatkan, pasti kalian langsung tertarik menamam jenis durian asal Malaysia tersebut. Silahkan ikuti petunjung cara menanam durian musang king di atas, dan rasakan hasilnya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Melon Di PotCara Menanam Durian Pendek

Bagaimana apakah Anda sudah memahami dengan benar bagaimana cara menanam durian musang king, karakteristik beserta perawatannya? Jika sudah, segera praktikkan di rumah dan lakukan dengan benar ya. Sekian dari kami, semoga informasi Setelah mengetahui keuntungan yang didapatkan, pasti kalian langsung tertarik menamam jenis durian asal Malaysia tersebut. Silahkan ikuti petunjung cara menanam durian musang king di atas, dan rasakan hasilnya. di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.