Cara Menanam Kacang Tanah
Budidaya Sayuran

12 Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik

Cara Menanam Kacang Tanah – Kacang Tanah sendiri merupakan tanaman atau buah yang rupanya bukan berasal dari Indonesia lo, dimana kacang tanah sendiri merupakan tanaman yang masih satu famili dengan Polongan. Tanaman yang berasal dari amerika serikat ini masuk ke Indonesia dan menyebar ke seluruh pelosok Nusantara.

Tanaman yang di predikisi masuk pada abad ke 17 ini berupakan tanaman yang bakalan dengan mudah bisa kita jumpai di Jawa, Sumut, sulawesi dan berbagai daerah lainnya. Julukan kacang tanah di berbagai daerah sendiri berbeda-beda seperti Jebrol, Tuban, Tole, Banggala. Harga kacang tanah sendiri terbilang cukup mahal, sehingga banyak petangi yang tidak ragu memproduksi kacang tanah di ladangnya.

Mempunyai nama latin Arachis Hypogea yang keberadaannya banyak ditemukan di Indonesia. Namun harganya yang cukup mahal sering kali membuat petani mundur sebelum mencobanya. Oleh karena itu, agar tak sia-sia Anda wajib tahu “cara menanam kacang tanah” yang benar.

Kacang tanah masih termasuk salah satu bagian dari bisnis pertanian di Indonesia. Juga termasuk dalam kategori biji-bijian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Entah itu untuk camilan, bumbu atau yang lainnya.

Terdiri dari berbagai macam jenis tapi yang paling banyak diminati adalah hibrida. Bentuk isinya yang besar, bersiih dan sangat lezat disukai oleh masyarakat. Jika dijual harganya juga cukup mahal, sehingga mampu mendapat keuntungan secara maksimal.

Cara Menanam Kacang Tanah yang Benar

Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag
Cara Menanam Kacang Tanah Di Polybag

Namun belakangan ini, harganya kian melonjak tinggi karena sudah jarang yang membudidayakannya. Oleh karena itu, jika Anda sudah mempunyai lahan yang memenuhi syarat cara di bawah ini bisa Anda ikuti jika ingin memulainya, simak sampai akhir ya.

1. Persiapkan Lahan untuk Menanam

Anda harus tahu bahwa kavang tanah, sangat cocok ditanam di daerah yang berada pada ketinggian 50 hingga 500 mdpl. Alias dataran rendah dengan suhu yang cukup tinggi. Tak heran, jika pertumbuhannya lebih pesat pada musim kemarau.

Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kacang tanah ini bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.500 mdpl. Pastikan bahwa lahan terkena sinar matahari penuh, tanah dalam keadaan gembur dan memiliki keasaman sekitar 5 hingga 6,3.

2. Penggemburan Tanah

Penggemburan tanah dilakukan agar Anda mendapatkan kacang dengan kualitas asli tanpa campuran bahan kimia berbahaya. Ikuti tahapan di bawah ini :

  • Lakukan pembajakan atau pencangkulan. Apabila saat musim hujan, buatlah drinase agar air berjalan dnegan lancar. Dengan ukuran lebar 80-100 cm dan tinggi 20-30 cm.
  • Berikan dolomit, atau yang lebih dikenal dengan kapur pertanian. Berikan 1-2 ton per hektarnya dengan cara menaburkan tipis di atas tanah dan dibiarkan selama 5 hari.
  • Berikan pupuk kandang sebanyak 10 ton per hektarnya.

3. Pemilihan dan Pengelolaan Benih Kacang Tanah

Ketiga, adalah tahap pemilihan benih, Anda bisa mendapatkannya dari kacang tanah yang sudah tua atau berusia 100 hari. Ciri-cirinya yaitu berwarna kehitaman dan ketika dibuka masih terdapat selaput daranya. Itulah tahapan Cara Menanam Kacang Tanah secara dasar yang memang wajib kamu ketahui.

Hal tersebut harus Anda lakukan agar tidak bekerja dua kali. Lakukan sortir saat panen tiba, sehingga Anda bisa memilih mana yang bisa digunakan sebagai benih dan mana yang tidak.

Setelah itu, Anda bisa lanjut dengan menjemurnya sekitar 3 hingga 5 hari langsung di bawah sinar matahari. Kemudian simpan selama 3 hingga 6 bulan. Menjadi catatan, ketika masa penyimpanan jangan sampai cangkang kacang terbuka agar benih benar-benar matang.

4. Proses Menanam Mulai Dilakukan

Setelah melakukan langkah ketiga, Anda bisa langsung membuka cangkang kacang dan merendamnya dengan POC GDM dan air hangat. Skala perbandingannya adalah 1 : 20. Tujuannya untuk mencegah penyakit dan mempercepat menjadi kecambah.

Selanjutnya, Anda bisa membuat bedengan. Sebagai alat antisipasi dari genangan air yang dapat menghambat pertumbuhan. Boleh tidak membuatnya, apabila lahan Anda termasuk lahan kering.

Setelah bedengan disiapkan, Anda bisa langsung membuat lubang tanam. Dengan kedalaman 3 cm dan jarak tanam 40 cm x 20 cm. Isi 1 buah benih per lubangnya, tutup, siram dengan air dan padatkan tanah kembali.

5. Selesai

Proses tanam sudah selesai dilakukan. Tapi bukan berarti dibiarkan begitu saja ya Anda harus telaten dalam merawatnya dan membersihkan dari hama agar hasil panen sesuai dengan apa yang diharapkan.

6. Cara Perawatan dan Pembasmian Hama Penyakit

Cara Menanam Kacang Tanah Di Sawah
Cara Menanam Kacang Tanah Di Sawah

Jika menginginkan hasil yang maksimal, maka Anda juga harus bersedia untuk merawatanya. Caranya yaitu dengan disirami setiap sore dan pagi hari (apabila musim kemarau). Tetapi jika hujan, santai saja. Cara Menanam Kacang Tanah juga ga boleh ketinggalan cara membasi hama penyakit yang biasanya hadir baik pada masa awal ataupun saat sudah berbuah.

Pada hari ke tujuh, benih mulai berkecambah, dan berbungan pada umur 20 hari. Pada tahap ini, cikal bakal polong akan terbentuk dari pembuahan dan penyerbukan yang ditandai dengan tumbuhnya ginofor.

Pada masa-masa tersebut, usahakan untuk memberi pupuk yang mengandung banyak fosfor. Seperti kotoran sampi, ayaman, kambing. Bisa juga meggunakan kompos, tetapi usahakan mencari yang benar-benar matang.

Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian yang sudah terpercaya. Bisa juga dicampur menjadi satu dan langsung ditaburkan ke lahan. Jangan lupa untuk melakukan pembubunan pada bagian bawah tanaman dan penyiangan agar kacang yang dihasilkan berkualitas.

Cara tersebut juga mampu membersihkan kacang tanah dari gulma dan serangan hama dan penyakit. Seperti ulat jengkrak, penggulung daun, bercak, gapong, layu, scelorotium dan lainnya.

Atau bisa dengan cara lain yaitu melakukan sanitasi lingkungan, memiliih benih yang tahan terhadap penyakit dan mencabut tanaman yang sakit. Lebih amannya, Anda bisa melakukan pengecekan setiap hari ke sawah, tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda kok.

Apabila semua tahap sudah Anda lakukan dengan benar, maka tiba saatnya masa panen. Yaitu jarak 90 hari dari memasukkan bibit ke dalam tanah. Ciri-cirinya adalah daun dan batang yang mengeras, berubah warna menjadi kuning dan berguguran.

Untuk mengeceknya (tester), Anda bisa mencabut satu ranting terlebih dahulu dan lihat apakah biji di dalamnya sudah penuh ataukah belum. Jika sudah Anda bisa langsung memanennya dengan cara dicabut dan membiarkan polongnya menggantung.

Bagaimana apakah Anda sudah memahami bagaimana cara menanam kacang tanah dan siap untuk mempraktikkannya? Jika sudah, lakukan dengan sungguh-sungguh ya, agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia, belajarlah dengan yang lebih berpengalaman. Jangan lupa lakukan hal tersebut dengan sepenuh hati karena menanam tanaman jelas membutuhkan kesabaran dan perhatian ekstra dari kamu.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Melon Di PotCara Menanam Durian Pendek

Nah itu dia beberapa cara yang wajib kamu ketahui jika memang ingin menanam kacang di pekarangan rumah. Sebenarnya menanam kacang sendiri membutuhkan tanah yang lebar dan gembur jika kamu ingin menapatkan kacang yang panen dalam jumlah yang cukup banyak. Namun beda cerita jika kamu hanya ingin nenanam kacang hanya untuk sebatas Hobi maka bisa menanam kacang di depan rumah dengan menggunakan Polybag, demikian informasi dari COCOKTANAM.COM semoga bisa berguna buat kamu yang membutuhkan informasi serupa.