Cara Menanam Kentang
Budidaya Sayuran

9 Cara Menanam Kentang Di Polybag, Kebun & Tanah Secara Mudah

Cara Menanam Kentang  – Kentang merupakan sayuran berbentuk umbi yang masih digemari oleh masyarakat Indonesia hingga kini. Kandungan gizi pada 100 gram sayur kentang terdiri atas 2,1 gram karbohidrat, 1.9 gram protein dan 87 kalori. Selain itu, dari segi nilai jual tidak kalah ekonomis dibandingkan sayuran lainnya seperti tomat. Sehingga, banyak orang ingin mencari tahu bagaimana cara menanam kentang dengan baik.

Bagi Anda yang ingin membuka peluang dengan membudidayakan kentang, tentunya, harus tahu betul bagaimanan cara menanam kentang dengan kualitas yang bagus. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memahami lokasi seperti apa yang cocok untuk bertanam kentang.

Ada dua cara menanam kentang yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Cara pertama adalah cara konvesional menggunakan layan pertanian biasa. Sedangkan cara yang kedua menggunakan Polybag yang cocok bagi kalian para pemula yang ingin mencoba menanam kentang.

Apapun medianya, kalian harus memahami dengan benar bagaimana cara menanam kentang yang baik. Tujuannya adalah agar hasil panen bisa maksimal dan mendapatkan kentang berkualitas yang bisa dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Nah untuk mengetahui cara menaman kentang yang baik dan benar, silahkan simak informasi cocoktanam.com sebaga berikut.

Cara Menanam Kentang Di Lahan Kebun

Cara Budidaya Kentang Di Lahan
Cara Budidaya Kentang Di Lahan

1. Persiapan Bibit Kentang Berkualitas

Menentukan kualitas dan jenis kentang merupakan hal penting. Hal ini dikarenakan beberapa varietas kentang dapat ditanamn sesuai kondisi lahan di wilayah dataran tinggi. Selain itu, menentukan kualitas produk bibit yang telah memiliki sertifikasi unggul dengan karakter bibit tahan terhadap serangan jamur maupun penyakit.

Karakteristik lainnya yang juga tidak kalah penting ialah memilih bibit yang memiliki umur tua dan tidak mengalami kecacatan pada bagian fisik bibit. Apabila sudah mendapatkan bibit berkualitas baik yang diharapkan. Anda dapat melakukan semai bibit dan memberikan obat perangsang tumbuh tunas.

Cara semai dan merangsang tumbuh tunas pada kentang

  • Tempatkan bibit kentang yang sudah dipilih pada tempat yang teduh dan lembab
  • Membiarkan bibit kentang hingga muncul tunas baru selama 7 sampai 14 hari masa tunggu
  • Menjaga kondisi tetap lembab agar pertumbuhan akar dan tunas berkembang dengan baik.

2. Persiapan Lahan Tanam Kentang

Cara menanam kentang selanjutnya ialah dengan melakukam persiapan lahan yang dijadikan sebagai tempat tumbuh kentang hingga masa panen. Lahan yang sangat baik untuk kentang memiliki pencahayaan sinar matahari penuh, mengandung bahan organik tinggi dan kondisi lingkungan sejuk. Tanaman kentang cocok ditanam pada daerah dataran tinggi.

Pada tahapan persiapan lahan untuk memindahkan bibit kentang, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut.

  • Lahan yang baik ialah lahan yang sudah digembur tanahnya sekaligus dudah dicampur dengan pupuk. Hal ini dilakukan agar tomat dapat tumbuh dengan baik.
  • Saat penggemburan usahakan menambahkan air agar kondisi tanah lembab
  • Melakukan penyiangan terhadap tanaman liar karena pertumbuhan kentang membutuhkan penyinaran matahari secara penuh.
  • Pembuatan bedengan atau gundukan pada lahan yang dijadikan sebagai tempat menanam kentang.
  • Pembuatan jalur pengairan atau drainase dengan ukuran 5 sampai 10 sentimeter. Hal ini dilakukan agara lahan tidak tergenang air baik saat musim penghujan maupun penyiraman.

3. Cara Penanaman Kentang

Penanaman kentang ke lahan yang sudah siap juga harus memastikan bibit kentang minimal sudah muncul 2 tunas. Apabila umbi memiliki tunas lebih dari dua maka perlu memotong sisa lainnya. Bibit yang sudah siap. Lalu ditanam hingga kedalaman tanah 2,5 sampai 5 sentimeter dengan jarak berkisar 10 sentimeter.

4. Pemeliharaan dan Perawatan Kentang

Perawatan kentang sebenarnya tidaklah sulit. Anda perlu melakukan penyiraman dan pemupukan secara berkala. Selain itu, perlu menutup umbi kentang yang mulai nampak ke permukaan dengan tanah. Hal ini dilakukan agar umbi kentang tetap dalam gundukan.

Tidak hanya itu, penyiangan terhadap tumbuhan liar juga perlu dilakukan agar tanaman kentang dapat tumbuh dengan baik tanpa hambatan. Penyemprotan dengan menggunakan pestisida alami bisa Anda lakukan agar tanaman terhindar dari serangan hama berupa serangga maupun ulat.

5. Masa Panen Kentang

Umbi kentang yang sudah memasuki usia 14 sampai 21 hari setelah bunga layu dapat dilakukan panen. Peralatan yang perlu Anda siapkan ialah cangkul dan wadah untuk memasukkan umbi. Penggalian dapat dilakukan dengan kedalaman 20 sampai 30 sentimeter dari permukaan tanah.

Umbi kentang dengan kualitas baik biasanya memiliki ukuran umbi besar sedangkan umbi berukuran lebih kecil dapat dipanen di lain waktu. Cara menanam kentang secara konvensional pada lahan luas dapat dilakukan seperti tahapan di atas. Selain menggunakan lahan secara konvensional, Anda dapat memanfaatkan polybag sebagai media tanam.

Cara Menanam Kentang di Polybog / Pot

Cara Menanam Kentang di Polybag
Cara Menanam Kentang di Polybag

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan penanaman umbi kentang ke dalam polybag. Berikut tata caranya mulai dari pemilahan bibit hingga panen.

1. Persyaratan Tanaman Dapat Tumbuh

Syarat tanam umbi kentang ke dalam polybag juga memperhatikan kondisi lingkungan, intensitas cahaya dan musim yang tepat untuk melakukan penanaman. Tanaman kentang sangat baik tumbuh di dataran tinggi, pencahayaan penuh dan suasana sejuk. Selain itu, musim penghujan dianggap tepat untuk mengawali penanaman.

2. Peninjauan Lahan

Tanah yang cocok untuk melakukan penanaman kentang ialah tanah gembur. Selain itu, kentang juga memerlukan air dalam masa pertumbuhannya. Sehingga, sangat perlu bagi Anda mendekatkan sumber air dengan polybag berisi tanaman kentang. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kecapekan.

3. Perawatan Kentang

Perawatan kentang yang di tanam di dalam polybag dapat dilakukan dengan menambah kuantitas tanah gembur. Hal ini dilakukan agar umbi kentang tidak muncul ke permukaan dan terpapar cahaya matahari secara langsung. Apabila tidak maka umbi kentang menjadi beracun dan berwarna hijau.

4. Proses Panen Kentang

Panen umbi kentang yang ditanam dalam polybag dapat dilakukan dengan cara menyobek plastiknya. Usia umbi yang bagus dipanen berkisar 3 sampai 4 bulan. Kualitas umbi yang bagus dapat diketahui dari ujung daun dan batang yang mulai mengering atau mati. Apabila daun dan batang belum mengering, umbi kentang yang dipanen memiliki kualitas rendah.

Tahapan cara menanam kentang baik dengan menggunakan lahan konvesional maupun di dalam polybag dapat Anda lakukan. Penanaman kentang memang seharusnya dilakukan di dataran tinggi agar hasil panen bisa lebih maksimal.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam TomatCara Menanam Vanili

Nah setelah mengetahui cara menanam kentang yang baik dan benar, maka sekarang kita tinggal mempraktekannya sendiri. Untuk pemula lebih baik mencoba menanam melalui media Polybag. Setelah terbukti berhasil, baru kalian mencoba menanama di lahan yang lebih luas. Selamat Bercocok Tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *