Budidaya Bunga

7 Cara Menanam Mawar dengan Menggunakan Bibit

Cara Menanam Mawar – Mawar merah merupakan sebuah bunga yang sudah dikenal banyak orang. Hal ini dikarenakan bunga mawar memiliki bentuk yang cantik serta warna yang cukup menarik. Selain itu, bunga mawar merah ini juga sering digunakan banyak orang untuk melambangkan perasaan cinta terhadap pasanganya.

Dengan ciri-ciri kelopak yang bertumpuk satu sama lain dengan warna-warna yang serah akan menjadikan bunga mawar ini sangat terlihat elegan, mempesona dan tidak bosan saat dipandang dengan mata. Selain itu, bunga mawar juga memiliki tangkai yang berduri tajam sehingga disarankan kalian harus berhati-hati dalam memetik bungan mawar tersebut.

Sementara itu, bunga mawar ini juga memiliki banyak varian warna mulai dari warna merah, putih, kuning dan pink. Namun ada juga bunga mawar yang memiliki warna biru. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang ingin menanam bunga mawar ini didepan rumah anda.

Dan dari beberapa sumber yang kami dapatkan ada lebih dari 100 spesies bunga mawar. Jadi kalian bisa memilih bunga mawar yang mana yang akan kalian tanam didepan rumah anda. Nah, bagi kalian yang ingin menanam bunga wamar, berikut adalah cara menanam mawar dengan menggunakan bibit.

Cara Menanam Mawar dengan Menggunakan Bibit

Cara Menanam Mawar
Cara Menanam Mawar

Tanaman hias yang paling banyak disukai masyarakat adalah mawar. Tidak heran bila banyak yang membudidayakan tanaman ini di halaman rumahnya. Ada 100 jenis mawar yang dapat Anda tanam. Berikut adalah penjelasan tentang cara menanam mawar dengan menggunakan bibit.

Cara Menanam Mawar dengan Bibit

Pada proses penanaman mawar, dibutuhkan sifat telaten di dalamnya. Hal ini bertujuan agar bunga mawar yang Anda hasilkan tergolong baik dan sehat. Oleh sebab itu, Anda harus menerapkan setiap cara penanaman mawar seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel berikut.

1. Persiapan Bibit Mawar

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah persiapan bibit mawar. Bila Anda tidak mau repot, dapat langsung membeli bibit mawar di toko bunga. Sebelum Anda membeli bibit mawar, Anda harus perhatikan kondisinya terlebih dahulu. Anda harus memilih biji yang tergolong sehat.

Namun bila Anda ingin mencoba menanam mawar dengan metode yang lain, Anda dapat mencoba menggunakan bibit stek. Bibit stek tersebut adalah yang sudah tergolong tua.

Potonglah batang mawar dengan menggunakan pisau yang sangat tajam. Hal ini bertujuan agar potongan batang tersebut tidak merusak kualitas di dalamnya. Kemudian untuk ukuran potongan batang mawar sekitar 10 cm.

2. Proses Penyemaian

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah proses penyemaian. Sebelumnya Anda harus mempersiapkan tanah dengan pupuk kandang yang sudah dicampur menjadi satu. Untuk takarannya adalah 2 : 1.

Bila media semai telah siap, letakkan di ruang terbuka selama 15 hari. Hal ini bertujuan agar media semai tersebut dapat terkena angin setiap harinya. Setelah berjalan 15 hari, tanah siap untuk dimasukkan ke dalam polybag.

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 4 cm. Lalu masukkan stek batang yang sudah dipotong sepanjang 10 cm. Usahakan untuk berhati – hati dalam menanam stek batang, agar tidak merusak kulit yang melapisinya.

Tempatkan polybag di tempat yang tidak terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung. Tujuannya agar stek batang yang ada dalam tanah tidak rusak dan membusuk karena terlalu banyak air.

3. Persiapan Media Tanam

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan adalah proses persiapan media tanam. Anda harus menyiapkan pasir, pupuk kandang, dan tanah terlebih dahulu. Untuk takarannya adalah 1 : 4 : 4. Kemudian campur semua media tanam hingga tercampur rata. Diamkan selama 15 hari.

Usahakan menggunakan pupuk kandang yang sudah matang atau telah difermentasi. Tujuannya adalah supaya tanaman mawar Anda dapat tumbuh dengan baik.

4. Persiapan Media Pot

Cara keempat yang dapat Anda lakukan adalah persiapan media pot. Anda bebas memilih menggunakan pot dari jenis apa saja. Mulai dari jenis tanah, plastik, ataupun semen. Usahakan untuk memilih pot dengan pembuangan air yang baik. Untuk ukurannya, sesuai keinginan Anda.

Usahakan untuk menggunakan pot bunga yang ukurannya melebihi 29 cm. Namun tidak disarankan untuk menggunakan pot dengan ukuran besar. Tujuannya agar Anda tidak kesusahan dalam memindahkan pot tersebut ke tempat lain.

5. Proses Penanaman Bunga Mawar

Cara kelima yang dapat Anda lakukan adalah proses penanaman bunga mawar. Sebelum pot diisi dengan tanah, masukkan kerikil pada bagian bawahnya. Tujuannya agar tanah dalam pot tidak becek atau lembab. Ukuran kerikilnya seperempat dari pot yang Anda gunakan.

Masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah berisi kerikil. Ukuran tanahnya adalah setengah dari pot. Kemudian buka plastik media semai yang berupa polybag secara perlahan, agar tidak rusak. Pindahkan media semai beserta bibit mawar ke dalam pot yang sudah disediakan.

Letakkan pada bagian tengah pot. Lalu tambahkan dengan media tanam untuk menutupi bibit semainya. Usahakan untuk tidak menutupi batang pada bunga mawar tersebut. Lalu tekan tanah secara perlahan. Tujuannya agar tanaman tidak mudah robok ketika disiram.

Bila sudah selesai, siramlah tanaman bunga mawar. Kemudian letakkan pada tempat yang sejuk dan tidak terkena paparan cahaya matahari secara langsung. Tujuannya agar tanaman mawar Anda, dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Diamkan selama satu minggu.

Bila sudah memasuka waktu satu minggu, Anda dapat meletakkan tanaman mawar di bawah sinar matahari dengan intensitas sedang. Hal ini bertujuan agar tanaman tersebut bisa mendapatkan sinar matahari secara bertahap. Sehingga tanaman tidak mudah mati.

6. Pemeliharaan Bunga Mawar

Cara keenam yang dapat Anda lakukan adalah pemeliharaan bunga mawar. Anda dapat melakukan penyiraman pada tanaman bunga mawar sehari satu kali saja. hindari menyiram secara berlebihan. Tujuannya agar akar bunga mawar tidak mudah membusuk dan berakhir mati.

Anda harus selalu menjaga tanaman Anda dari gulma yang akan mengganggu kualitas bunga mawar. Oleh sebab itu, lakukan proses penyiangan pada setiap saat pada tanaman bunga mawar Anda.

7. Pemupukan Tanaman Bunga Mawar

Cara ketujuh yang dapat Anda lakukan adalah pemupukan tanaman bunga mawar. Anda dapat berikan pupuk kandang untuk memenuhi nutrisi tanaman. Cara pemupukannya dilakukan dengan cara menaburkan di sekitar tanaman bunga mawar. Hindarkan pupuk dari batang tanaman.

Bila Anda tidak menemukan pupuk kandang, Anda juga dapat menggunakan pupuk NPK. Caranya adalah dengan melarutkan air sebanyak 5 liter dengan pupuk NPK 1 sekop. Kemudian siramkan pupuk tersebut kepada tanaman bunga mawar Anda. Lakukan selama 19 hari sekali.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Sawi HijauCara Menanam Semangka

Tata cara menanam mawar dengan menggunakan bibit sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun Anda harus pintar dalam memilih bibit stek yang akan ditanam. Hal ini karena bibit stek tersebut akan menentukan kualitas bunga mawar nanti saat dipanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *