Cara Menanam Pepacaya California
Budidaya Buah

5 Cara Menanam Pepaya California Yang Baik dan Benar

Cara menanam Pepaya California – Dewasa ini banyak orang yang menanam buah pepaya sebagai hasil perkebunan mereka. Tidak hanya mudah, hasil yang didapatkan pun terbilang cukup menjajikan sekali. Namun, yang cukup populer saat ini ialah pepaya california, yakni pepaya yang memiliki rasa yang sangat manis.

Buahnya pun pada umumnya memiliki ukuran yang kecil, sehingga sangat menarik perhatian para konsumenya. Saat ini pembudidayaan buah pepaya memang menjadi salah satu sumber ladang masyarakat kita. Ya, selain menguntungkan buah pepaya ini merupakan makanan sehat yang disukai banyak orang sehingga tentu saja banyak orang yang mencarinya.

Ada banyak jenis buah pepaya salah satunya ialah buah pepaya california. Buah pepaya ini merupakan salah satu buah pepaya yang banyak dicari orang. hal ini terbukti dengan semakin besarnya permintaan pasar akan buah pepaya. Pada umumnya buah pepaya california ini memang nampak biasa saja, namun buah pepaya california ini merupakan buah pepaya unggulan yang cukup diminati banyak orang.

Nah bagi anda yang sangat suka dengan buah pepaya, nampaknya kalian wajib untuk mencicipi buah pepaya jenis ini. Dan jika anda berniat untuk menanamnya sendiri dirumah atau ingin membudidayakan buah pepaya california ini, kalian bisa menyimak ulasan mengenai cara menanam buah pepaya california yang baik dan benar di bawah ini. Berikut informasinya.

Cara Menanam Pepaya California

cara Menanam Pepaya California
Cara Menanam Pepaya California

Carica papaya merupakan nama latin dari buah pepaya. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian ideal 50-700 meter dari permukaan laut. Buah berdaging oranye ini sering dikonsumsi sebagai santapan segar yang menyehatkan. Hal inilah salah satu alasan yang membuat sebagian orang ingin mengetahui bagaimana cara menanam pepaya dengan kualitas baik.

Pepaya bukan tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari daerah Meksiko. Namun, memiliki pertumbuhan yang baik di daerah yang memiliki iklim tropis. Buah dengan daging berwarna oranye ini dapat Anda temui di pasar maupun supermarket. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menjual hasil produksi Anda karena banyak yang menyenangi buah ini sebagai konsumsi harian.

Mengenal Cara Menanam Pepaya Madu

Penanaman buah pepaya madu dapat dilakukan dengan memilih bibit berkualitas baik dari buah yang sudah dipanen sebelumnya, maupun membeli benih dari toko pertanian terdekat. Biasanya, toko pertanian menyediakan beragam merek benih dengan tanggal kadaluwarsa yang telah dicantumkan pada kemasan.

Pemilihan benih dari panen buah sebelumnya, dapat dilakukan dengan cara mengambil buah berkualitas baik yang masih belum dipetik. Karakteristik buah berkualitas memiliki bentuk memanjang dengan kondisi fisik tidak mengalami kecacatan akibat serangan hama. Anda dapat menunggu buah yang dijadikan sebagai benih unggul matang dengan sendirinya.

Tanaman pepaya memiliki dua jenis biji apabila Anda membelahnya secara memanjang. Biji dengan karakteristik warna hitam dapat dijadikan sebagai benih unggul. Sedangkan biji yang berwarna putih merupakan benih mati dan tidak bisa dijadikan sebagai benih dalam pembibitan. Carica papaya memiliki dua jenis pohon yaitu pohon betina dan pohon jantan. Hal ini dikarenakan pohon sempurna yang ditumbuhkan dari biji hanya berkisar 25-50% saja.

Tentunya, sangat penting bagi Anda agar tanaman dapat berkembang dan menghasilkan produk berkualitas unggul. Anda dapat melakukan pemilihan benih pada buah pepaya pada bagian ujung hingga tengahnya. Hal ini dilakukan karena biji yang ditumbuhkan dari bagian pangkal menghasilkan pohon tidak sempurna. Tentunya, membuat Anda harus ekstra keras untuk membantu tanaman melakukan penyerbukan.

Proses Semai Tanam Pepaya

Proses semai dapat dilakukan apabila Anda menumbuhkan kecambah pada biji pepaya yang telah dipilih. Cara semai dapat dilakukan dengan melakukan perendaman biji pada air dengan suhu hangat kuku kurang lebih satu malam, memilih biji berkualitas baik dengan ciri biji tenggelam di dasar wadah. Setelah itu, menyiapkan tisu sebagai media kecambah dan membasahinya.

Anda dapat mearuh biji yang telah dipilih pada tisu yang telah dibasahi. Lalu, menutup bagian atasnya dengan tisu lain, jangan lupa untuk membasahinya, menempatkan wadah berisi biji dan tisu tersebut ke tempat teduh dan tunggu selama 7 hingga 10 hari. Hal ini dilakukan agar biji dapat berkecambah.

Biji yang sudah berkecambah dapat dipindahkan pada polybag yang memiliki ukuran 9×10 sentimeter, tiap-tiap polybag terdiri atas satu bibit tanaman, bibit yang telah dipindahkan jangan lupa untuk disiram dan ditempatkan pada tempat yang teduh atau membuat paranet untuk melindunginya dari paparan sinar matahari langsung maupun curahan hujan.

bibit tanaman yang menginjak umur 2 hingga 2,5 bulan dapat ditanam pada lahan yang telah diolah. Penanaman dengan luasan 1 hektar dapat ditanami biji hingga 2000 tanaman atau sekitar 60 gram benih.

Tata Cara Melakukan Tanam Pepaya

Lahan yang digunakan untuk menanam pepaya seharusnya dilakukan pembersihan terhadap gulma terlebih dahulu. Lalu dilakukan pembajakan agar tanah semakin gembur. Jangan lupa untuk membuat bedengan dengan ukuran lebar berkisar 2 meter dengan ketinggian 20-30 sentimeter, antara bedengan yang satu dengan bedengan yang lain memiliki jarak berkisar 50 sentimeter.

Setelah, lahan dilakukan pembuatan bedengan, maka bedengan dibuat lubang dengan ukuran 50x50x40 sentimeter. Lalu, membiarkan lubang selama 7-14 hari. Anda perlu memperhatikan kondis keasaman tanah, apabila berada di bawah 5 maka dapat dilakukan penambahan kapur dolomit.

Lalu menanam bibit tanaman pada tiap lubang dan jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin hingga pepaya menghasilkan bunga pertama. Hal ini dilakukan agar tanaman menghasilkan buah dengan kualitas baik.

Perawatan dan Perlakuan Tanaman Pepaya

Pemeliharaan tanaman dapat dilakukan dengan memperhatikan pemupukan, penyiangan, penyiraman secara rutin. Hal ini akan membuat tanaman tumbuh dengan baik dengan produktivitas tinggi pula. Anda dapat melakukan penggantian ketika tanaman pepaya menginjak usia 1,5 bulan.

Penyulaman dilakukan untuk menghindari tanaman dengan pertumbuhan jelek yang nantinya akan mempengaruhi hasil produksi. Anda dapat memberikan pupuk ‘organik cair spesial buah-buahan agar tanaman dapat terhindar dari hama penyakit sekaligus membuat struktur tanah kembali subur.

Panen Buah Pepaya

Anda dpaat melakukan panen buah pepaya apabila usianya sudah menginjak 9 hingga 14 bulan. Panen buah pepaya dapat dilakukan setiap 10 hari sekali. Hasil prodktif dari budidaya buah pepaya dapat menghasilkan buah 20 hingga 35 ton setiap 1 hektar.

Hal tersebut dapat disebabkan banyak hal mulai dari jenis, kondisi iklim, karakteristik tanaman dengan lingkungan, kondisi tanah dan teknik penananman. Buah pepaya yang dapat dipanen memiliki karakteristik memiliki garis kuning pada bagian kulit terluarnya. Apabila Anda menjual buah pepaya ke tempat jauh maka panen lebih dini lebih diutamakan.

Poin penting yang perlu Anda ketahui pada tahapan cara menanam pepaya di atas. Bisa Anda terapkan pada pembudidayaan di lahan kosong maupun sawah. Hasil produksi tanaman bisa Anda pasarkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam CabaiCara Menanam Seledri

Demikian informasi dari kami mengenai cara menanam buah pepaya madu agar cepat berbuah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa terus simak ulasan-ulasan mengenai cara bercocok tananam yang baik dan pembudidayaan semua hasil perkebunan hanya di Cocoktanam.com.