Cara Menanam Pohon Durian Pendek
Budidaya Buah

Cara Menanam Pohon Durian Pendek dan Perawatannya

Cara Menanam Pohon Durian Pendek –  Buah durian sering disebut sebagai buahnya orang kaya. Rasanya yang lezat membuat harganya lebih mahal dibanding jenis yang lainnya. Budidayanya juga memerlukan waktu yang lama. Jika Anda tertarik, simak cara menanam pohon durian pendek secara lengkap di bawah ini.

Karena banyak masyarakat yang ingin menghasilkan buah durian, karena harganya yang fantastis dan mampu mendatangkan banyak keuntungan. Tak heran jika banyak buku atau bacaan di internet yang membahas tentang ini.

Apabila kalian berminat menanam buah berduri tajam ini, maka bisa memilih beragam jenis durian seperti musaking, montong, petruk, bawor, dan masih banyak lagi lainnya. Rata-rata jenis durian tersebut memiliki ukuran pohon yang tinggi.

Namun tak semua pohon durian memiliki ukuran yang tinggi, karena sekarang sudah ada durian pendek yang memungkinkan kita memetik buah durian dengan sangat mudah. Nah untuk menanam buah durian pendek tidak boleh asal, karena ada caranya berbeda dengan durian biasa.

Tak hanya cara menanamanya saja yang berbeda, perawatan pohon durian pendek juga berbeda. Kami yakin banyak orang yang belum mengetahui caranya, oleh karena itulah kami akan membahas cara menanam durian pendek pada informasi cocoktanam.com berikut ini.

Tutorial Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Cara Menanam Pohon Durian Pendek
Belajar Cara Menanam Pohon Durian Pendek

1. Pilihlah Lokasi Yang Benar

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lahan yang tepat sebagai syarat tumbuh durian agar optimal dan buahnya lebat. Adapyn syarat yang dibutuhkan untuk  pohon durian pendek adalah :

  1. Tingkat keasaman tanah harus berada pada Ph 6-7
  2. Karena durian pendek ini hanya bisa tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Maka pilihlah lokasi dengan curah hujan berkisar antara 1500 hingga 2500 mm pertahuannya.
  3. Pilihlah lahan dengan suhu 21°C hingga 30°C.
  4. Tekstur tanahnya harus berlempung dan berpasir. Tujuannya agar unsur hara tercukupi dan mampu memaksimalkan tumbuh pohon durian.
  5. Terletak di ketinggian 500 hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda memiliki lahan yang berada di bawah 50 meter sebenarnya bisa saja. Namun, memerlukan biaya yang banak untuk merekayasa iklim dan unsur hara tanah. Anda bisa menanam jenis durian yang lain.

2. Pilih Kualitas Bibit Durian yang Bagus

Salah satu kelemahan pohon durian pendek adalah kurang kebal terhadap gangguan fungi. Oleh karena itu, Anda harus memilih bibit dengan kualitas yang bagus dan cepat berbuah. Belilah di tempat yang sudah dipercaya.

Anda bisa memilih jenis okulasi, cangkok atau sambung pucuk. Karena mampu mempercepat tanaman berbuah dan sifat indukan diwarisi dengan sempurna. Berikut ini syarat lengkapnya :

  1. Ukuran batang bagian atas dan bawah sama.
  2. Kulitnya memiliki corak seperti pohon durian dewasa.
  3. Cabangan dahan dan jumlahnya seimbang. Apabila tidak, maka pohon tidak akan tumbuh lurus.
  4. Jika memilih okulasi atau persambungan, pastikan sudah menyatu dengan sempurna
  5. Diameter batang harus sesuai dengan tinggi bibit. Tinggi yang ideal adalah minimal 60 cm dan maksimal 2 meter.
  6. Bibit yang baik adalah memiliki banyak tunas dan daun yang rimbun.
  7. Batang bibit lurus dan tidak memiliki cabang. Hal ini merupakan bagian penting yang harus Anda perhatikan karena berkaian dengan penyaluran nutrisi agar lebih sempurna. Sehingga lebih cepat berbuah.
  8. Pastikan bibit terbebas dari penyakit atau hama. Batang dan daunnya tidak ada yang aneh (non lubang dan bercak).

3. Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Sekedar saran, agar bibi durian lebih bisa beradaptasi dengan lahan yang sudah disiapkan. Lebih baik inapkan dulu selama satu hari. Setelah itu, Anda bisa melakukan penggemburan tanah (dicangkul kemudian diberikan pupuk kandang).

Lalu, biarkan tanah selama satu minggu. Tujuannya agar pupuk meresap ke lapisan terdalam tanah. Setelah itu lubang penanaman sudah siap untuk digunakaan dengan kedalaman yang menyesauikan.

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah pastikan jarak lubang tanam satu dengan lainnya minimal 8m x 8m. Untuk menghindari menularnya hama atau penyakit dan pohon durian pendek bisa tumbuh dengan maksimal dan sempurna.

Juga berfungsi untuk menghindari terjadinya persaingan penyerapan unsur hara pada akar. Jika semua sudah selesai dilakukan, masukkan bibit yang sudah disiapkan dengan posisi tegak lurus.

Timbun kembali dengan tanah hingga sebatas leher akar atau menutupi pangkalnya. Jika beberapa cara ini dilakukan dengan benar, dan sehigienis mungkin, maka dijamin dalam beberapa bulan ke depan, buah durian sudah bisa Anda nikmati.

4. Cara Merawat Pohon Durian Pendek

Cara Merawat Pohon Durian Pendek
Perawatan Pohon Durian Pendek

Walau pada kenyataannya, menanam pohon durian tidak sesulit yang Anda bayangkan, tapi tetap harus memperoleh perawatan supaya cepat berbuah. Pertama, Anda harus melakukan penyiraman. Ketika musim kemarau Anda bisa menyiramnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bisa dilakukan sebelum dan setelah matahari terbit (belum terlalu panas dan tidak lagi panas). Tetapi jika musim hujan, Anda tidak perlu repot menyiraminya lagi, usahakan tidak ada air yang menggenang ya.

Kedua pemupukan, Anda bisa menggunakan NPK selama 3 bulan sekali, bisa diaplikasikan pada musim hujan atau kemarau. Atau lebih amannya menggunakan pupuk organik seperti kotoran kambing yang sudah dilakukan fermentasi, Anda bisa memberikannya 2 bulan sekali.

Penambahan unsur mikro tanaman juga cukup penting, agar pohon cepat berbuah dengan kualitas yang baik. Jika diperlukan, Anda juga bisa menyemprotkan pupuk daun 4 bulan sekali. Rajinlah membersihkan tanaman pengganggu. agar nutrisi bibit durian terserap dengan sempurna.

Jangan lupa juga untuk memangkas ujung cabang yang rimbun. Tujuannya agar tidak cepat tumbuh tinggi dan sebagai peremajaan tanaman. Terakhir, penanggulangan hama, Anda bis menyemprotkan insectisida ke seluruh permukaan pohon durian pendek.

Anda juga bisa menggunakan furadan dengan cara ditaburkan di tanah setiap 7 hari sekali dengan 4 kali pengaplikasian. Anda bisa mengulanginya lagi setelah 4 bulan ke depan. Perlu diingat, bahwa menanam pohon durian ini bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan.

Cara menanam pohon durian pendek dan perawatannya di atas harus Anda aplikasikan dengan hati-hati dan detail, agar cepat mendapatkan buah yang berkualitas, sehat dan banyak. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Dengan cara menanam yang tepat, pasti pohon durian pendek akan tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah saat panen. Untuk sampai panen biasanya membutuhkan waktu selama 3 tahun apabila menggunakan bibit ideal setinggi 60 cm. Namun apabila bibitnya lebih tinggi, biasanya lebih cepat panennya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Budidaya Kelapa SawitCara Menanam Tomat Hidroponik

Nah demikianlah informasi mengenai cara menanam pohon durian pendek. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi kalian yang berencana ingin budidaya buah durian. Janga lupa simak pula beragam informasi seputar bercocok tanam, hanya di cocoktanam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *