Tanaman Vanili
Budidaya Buah

4 Cara Menanam Vanili Paling Baik Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Vanili Paling Baik – Nama latinnya adalah Vanilia Palifola, salah satu jenis tanaman yang bisa diolah menjadi bubuk, menghasilkan aroma yang harum dan rasa yang manis. Bentuknya hampir mirip dengan kacang polong.

Disisi lain nama vanili sendiri memang sudah sering kita dengar, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang gemar memasak. Selain itu, vanili atau bubuk vanili memang sering digunakan para ibu-ibu untuk membuat aneka kue dan juga makanan lainya.

Tak hanya itu saja, vanili merupakan tanaman tumbuhan yang dapat menghasilkan produk berupa bubuk vanili yang sangat bermanfaat dan sering digunakan sebagai bahan pengharum dan juga penambah rasa masakan.

Nah, bagi anda yang ingin menanam tanaman vanili ini ada beberapa cara menanam vanili paling baik agar cepat berbuah. Selain itu, penanaman tanaman vanili yang benar juga akan menghasilkan buah yang berkualitas. Dan jika Anda tertarik, pembahasan mengenai cara menanam vanili ini bisa jadi referensi.

Cara Menanam Vanili Paling Baik Dan Benar

Cara Menanam Vanili
Cara Menanam Vanili Paling Baik dan Benar

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara menanam vanili paling baik, mungkin ada beberapa trik yang harus kalian lakukan agar tanaman vanili anda bisa menghasilkan buah yang lebat dan juga bekualitas. Selain itu, ada juga beberapa cara agar tanaman vanili anda bisa cepat berbuah. Untuk itu kita simak lebih lanjut informasi berikut ini.

Uraian Singkat Mengenai Tanaman Vanili

Perlu Anda ketahui bahwa tanaman vanili bisa hidup di iklim tropis dengan curah hujan antara 1000-3000 mm per tahunnya. Dengan kelembaban sekitar 60 hingga 80%, dan suhu udara 20 hingga 25 derajat celcius.

Vanili akan tumbuh subur apabila berada apda tanah yang mudah menyerap air, lempung berpasir serta gembur dengan pH tanah tidak lebih dari skala 7. Sama seperti jenis kacang yang lain, vanili membutuhkan bedengan/tegakan untuk menjalar agar tetap hidup.

Anda bisa membuatnya dari bambu yang dirangkai antara satu pohon dengan yang lainnya. Tidak perlu khawatir soal keuntungannya, karena termasuk tanaman yang mengandung banyak gizi sehingga banyak dicari oleh masyarakat.

Aroma yang mengikat sering dicampurkan pada minyak aroma terapi yang dapat menenangkan. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa sering mengonsumsi vanili dapat menurunkan tingkat depresi.

Tanaman ini juga disebut sebagai salah satu tanaman pencegah kanker karena memiliki antioksidan yang tinggi. Sangat cocok untuk kaum wanita yang mendambakan kulit bagus dan awet muda. Namun saat ini sangat jarang yang membudidayakannya.

Cara Menanam Vanili Paling Baik dan Benar

Tanaman vanili ini tumbuh subur di beberapa daerah Pulau Jawa. Seperti Malang, Banyuwangi, Temaanggung, Kedu, dan Garut. Karena memiliki iklim, temperatur, kelembaban dan tinggi yang pas. Namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa mencobanya di lahan sekitar tempat tinggal.

1. Persiapkan Lahan Tanam

Pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan lahan tanam. Anda biisa menyediakan ruangan khusus atau rumah kaca dan perhatikan beberapa tips di bawah ini :

  • Untuk menjaga proses pertumbuhan, Anda harus memastikan bahwa lahan berada pada suhu yang cukup hangat yaitu 18 hingga 23 derajat celcius.
    Berikan pencahayaan yang cukup, namun jangan terlalu panas.
  • Boleh saja, menanam di pekarangan rumah asar kelembaban dan teksturnya (gembur) memenuhi syarat yang sudah dijelaskan di atas.
  • Cek terlebih dahulu, apakah ada bagian dari lahan yang kering atau kurang lembab. Anda bisa melakukan penggemburan dengan memberikan pupuk dan menyirami air hingga pas.
  • Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos yang ramah lingkungan. Tujuannya agar tidak merusak komponen tanah.
  • Jika suhu masih terasa panas maka Anda bisa menanam beberapa jenis tumbuhan (bukan parasit) di sekitar. Sehingga udara lebih terkontrol dengan baik.

2. Pemilihan Bibit

Tidak susah untuk mendapatkan bibit vanili, Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian baik online maupun offline. Tersedia dua pilihan, Anda ingin menanam biji atau stek? Tapi untuk pemula disarankan stek saja karena lebih mudah.
Anda tidak perlu menjemurnya terlebih dahulu dan menunggu waktu lama. Ciri-ciri yang bibit vanili yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Stek sempurna, tidak cacat atau rusak sedikitpun.
  • Pastikan Anda memilih stek yang layak tanam dan berkualitas, dengan panjang sekitar 40 cm.
  • Jika tidak ada waktu untuk membelinya dan ingin menjamin keberhasilan. Maka bisa membeli dari tetangga yang sudah terbukti sukses membudidayakan vanili.
  • Stek yang diambil dari pohon adalah yang berbatang tua, dengan ukuran induk yang sudah mencapai 3 meter atau lebih.

3. Persiapan Bibit Vanili Sebelum Ditanam

Tidak susah kok, Anda hanya cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Agar bibit yang ditanam nantinya bisa berbuah sesuai dengan yang diharapkan.

  • Bersihkan bibit terlebih dahulu dengan lap kain atau tisu.
  • Siapkan baskom atau ember dan isi air hingga penuh.
  • Masukkan bibit vanili ke dalamnya dan rendam selama 10 hingga 15 menit.
  • Setelah itu, Anda bisa mengambil stek dan mengurangi air yang ada di baskom atau ember.
  • Lap hingga kering dan masukkan kembali ujung stek selama 5 hingga 7 hari.
  • Anda bisa menggunakan pupuk cair ke dalam air rendaman agar mempercepat prosesnya.
  • Jika berhasil akan ditandai dengan munculya daun tunas pada bagian atas stek yang mengarah ke bawah.

4. Proses Penanaman Dimulai

Sekali lagi, pastikan lahan sudah siap untuk digunakan. Lalu ikuti step di bawah ini :

  • Perhatikan sekali lagi kelembaban tanah, apabila sudah mulai kering Anda bisa melakukan penggemburan kembali. caranya dengan disiram atau diberikan pupuk tambahan.
  • Buat drainase sebagai jalan air agar bebas dari genangan saat hujan.
  • Setelah itu Anda bisa membuat lubang tanam, tidak terlalu kecil atau besar.
  • Masukkan bibit vanili yang sudah disiapkan hingga menancap sempurna. Jangan lupa untuk menimbunnya engan tanah dan padatkan.
  • Tancapkan tiang penyangga yang sebelumnya sudah disiapkan di dekat lubang tanam. Ikat menggunakan tali rafia dan secara rutin lakukan penetekan cabang agar tumbuhnya bisa merambat secara horizontal.

Sedangkan jika Anda menggunakan pot sebagai wadahnya maka yang harus bisa Anda lakukan pertama adalah emmpersiapkan pot dengan ukuran tinggi lebih dari 4 m. Kedua, isilah dengan tanah yang bercampur pupuk kompos dan kandang. Terakhir, masukkan bibit, padatkan tanah dan buat tiang penyangga.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Kacang HijauCara Menanam Kacang Tanah

Cara menanam vanili di atas harus Anda lakukan dengan benar dan hati-hati. Agar berhasil dan Anda mendapatkan banyak keuntungan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan menyirami, memupuk serta pembersihan hama dan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *