Perawatan Tanaman

14 Cara Menghilangkan Rayap di Kayu Secara Alami

Cara Menghilangkan Rayap di Kayu – Rayap merupakan hewan pengerat yang suka memakan kayu dan hidup berkoloni. Rayap sering dianggap sebagai hama bagi manusia karena dapat merusak perabotan rumah tangga. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara menghilangkan rayap di kayu perabotan rumah tangga.

Serangan rayap juga menjadi momok yang merepotkan bagi para pemilik rumah, karena sering menyerang berbagai perabotan. Tidak dipungkiri lagi jika kehadiran hama yang satu ini memang sangat menyebalkan. Lantas bagaimanakah cara menghilangkan rayap di kayu dengan cepat?

Untuk bisa membasmi rayap kita memang harus mengenal jenis-jenis rayap tersebut agar kita bisa membasminya dengan mudah dan dengan apa kita harus membasmi rayap-rayap tersebut. Dan alangkah baiknya jika kita membasmi rayap tersebut secara alami, dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan.

Terdapat berbagai jenis rayap seperti rayap tanah, rayap kayu basah dan rayap kayu kering. Hampir semua jenis rayap dianggap hama oleh manusia karena dapat membuat kayu keropos. Dan berikut ini adalah beberapa informasi mengenai cara ampuh membasmi rayap secara alami.

Cara Menghilangkan Rayap di Kayu

Cara Menghilangkan Rayap di Kayu

1. Air Cucian Beras

Bekas air cucian beras dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap dari perabotan kayu di rumah Anda. Caranya adalah menyemprotkan air bekas cucian beras ke sarang rayap, maka rayap lama-kelamaan akan pergi dengan sendirinya.

2. Daun Kemangi

Aroma daun kemangi yang sangat sedap bagi manusia justru tidak disukai oleh rayap. Anda dapat menghilangkan rayap dengan menggunakan bahan alam yang satu ini. Caranya sangat mudah yaitu letakkan kemangi pada perabotan yang terbuat dari kayu maka rayap tidak akan berani mendekati perabotan Anda.

3. Daun Salam

Selain dengan menggunakan daun kemangi, mengusir rayap juga dapat dilakukan dengan memberikan daun salam di sekitar perabotan kayu Anda. Hal ini karena rayap tidak menyukai aroma dari daun salam.

4. Cahaya Matahari

Rayap merupakan hewan yang sangat menyukai udara yang lembab dan gelap. Oleh karena itu perhatikan juga ventilasi rumah Anda, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup memadai untuk sinar matahari masuk ke dalam ruangan rumah Anda.

Apabila perabotan kayu Anda sudah terlanjur terkena rayap Anda dapat menjemur perabotan Anda dibawah sinar matahari langsung. Dijamin rayap akan langsung menghilang dari perabotan kayu Anda.

5. Air Sabun

Salah satu cara menghilangkan rayap di kayu perabotan rumah Anda juga dapat menggunakan air sabun. Cara kerja dari air sabun adalah dengan mengganggu sistem pernafasan rayap. Air sabun akan membuat rayap lama-kelamaan mati karena kekurangan oksigen.

Anda dapat menggunakan sabun cair maupun detergen, caranya adalah melarutkan sabun kedalam air lalu menyemprotkan pada perabotan kayu Anda. Penyemprotan dapat dilakukan dengan sesering mungkin karena air sabun tidak akan merusak perabotan kayu.

6. Air Garam

Selain dengan air sabun Anda juga dapat menggunakan air garam untuk mengusir rayap.air garam akan mengeluarkan cairan tubuh rayap dan akan membuat rayap lemas dan lama-kelamaan akan mati. Larutkan garam dalam air kemudian semprotkan air garam pada perabotan kayu di rumah Anda. Dijamin rayap akan mati.

7. Asam Borat

Asam borat merupakan bahan kimia yang dapat membasmi rayap. Oleskan asam borat pada perabotan kayu maka rayap tidak akan berani untuk muncul. Anda juga dapat menyemprotkan asam borat secara rutin pada perabotan kayu Anda. Asam borat dapat Anda beli di toko kimia. Asam borat sangat efektif untuk menghilangkan rayap dan membunuh rayap.

8. AC (Air Conditioner)

AC atau pendingin udara juga dapat menghilangkan rayap. Karena rayap tidak menyukai tempat dengan suhu yang terlalu dingin. Perubahan suhu yang secara tiba-tiba dapat menyebabkan rayap mati.

Anda dapat menggunakan udara dingin dari AC untuk mengusir rayap. Udara dingin dari AC akan membuat rayap tidak berani mendekati perabotan kayu Anda.

9. Membersihkan Genangan Air

Udara yang lembab merupakan hal yang disukai oleh rayap. Oleh karena itu untuk mencegah adanya rayap disekitar rumah Anda pastikan tidak ada lokasi atau tempat yang lembab.

Selain itu genangan air juga merupakan tempat berkembng biak yang baik bagi rayap. Bersihkan pula selokan dan kolam air agar tidak ditinggali rayap disekitarnya.

10. Memperbaiki Keramik Dan Pipa Air Yang Rusak

Keramik yang rusak atau pecah dapat membuat udara lembab masuk kedalam rumah. Hal ini menyebabkan rumah menjadi lembab dan akan ditinggali juga oleh rayap.

Rayap yang berada dirumah akan mencari makan yaitu berupa kayu dan rayap akan menyerang perabotan kayu rumah Anda. oleh karena itu segera perbaiki keramik rumah Anda yang pecah atau rusak. Pipa air yang bocor juga dapat memancing kemunculan dari rayap. Segera perbaiki pipa yang bocor sebelum rayap datang ke rumah Anda.

11. Melapisi Kayu Dengan Politur

Politur merupakan cairan finishing yang digunakan untuk melapisi kayu agar terlihat mengkilat. Rayap tidak menyukai aroma poliur sehingga Anda dapat menggunakan politur untuk menghilangkan rayap. Caranya mudah cukup oleskan politur pada setiap perabotan kayu di rumah Anda.

12. Air Kapur Sirih

Air kapur sirih sudah sering digunakan sebagai pembasmi serangga. Air kapur sirih juga mampu menghilangkan rayap. Hal ini karena rayap tidak menyukai kapur sirih yang bersifat panas untuk badan rayap.

Cara membasmi rayap dengan air kapur sirih sangat mudah, yaitu dengan menyemprotkan air kapur sirih pada sarang rayap. Rayap akan perlahan mati karena kepanasan.

13. Rendaman Tembakau

Tembakau merupakan daun yang digunakan untuk membuat rokok namun dapat juga digunakan sebagai pengusir rayap. Caranya yaitu merendam tembakau dengan air kemudian menyemprotkan air rendaman tembakau pada sarang rayap.

Usahakan merendam tembakau selama satu malam hal ini bertujuan untuk mengeluarkan sari tembakau. Tembakau dapat mengusir rayap karena aroma yang menyengat dari tembakau.

14. Kapur barus

Kapur barus juga dapat digunakan sebagai pembasmi rayap. Hal ini karena adanya naftalen dalam kapur barus yang dapat membunuh rayap. Caranya mudah hanya letakkan kapur barus di dekat perabotan kayu dan rayap tidak akan datang.

Beberapa cara menghilangkan rayap di kayu perabotan rumah tangga diatas dapat Anda lakukan di rumah Anda. cara diatas adalah cara sederhana untuk membasmi rayap dari perabotan kayu rumah Anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Kegunaan Pupuk KCLCara Membasmi Kutu Daun Secara Alami

Nah, demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan rayap di kayu secara alami. Semoga cara diatas bisa memberikan efek pada rayap-rayap tersebut agar tidak datang lagi ke rumah kita. Sekian ulasan dari kami jangan lupa terus simak artikel terbaru dari kami hanya di Cocoktanam.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *