Cara Merawat Tanaman Aglaonema Merah
Perawatan Tanaman

7 Cara Merawat Aglaonema Merah Agar Subur dan Warna Tidak Pudar

Cara Merawat Aglaonema Merah – Tanaman Aglaonema merupakan tanaman hias daun yang sangat digemari oleh pencinta tanaman hias. Salah satu jenis tanaman Aglaonema adalah Aglaonema Merah atau Super Red. Perawatan tanaman hias ini tergolong sangat mudah sehingga banyak orang yang tertarik menanamnya.

Keunikan Aglaonema Merah atau Super Red terletak pada warna daunnya. Namun apabila perawatannya salah, maka warna daun Aglaonema Merah bisa pudar sehingga mengurangi kecantikan tanaman ini. Oleh karena itulah kita harus mengetahui bagaimana cara merawat Aglaonema Merah dengan baik dan benar agar warnanya tetap cantik dan indah.

Beberapa tahun yang silam, harga tanaman Aglaonema Merah sangatlah mahal. Namun seiring berjalannya waktu, kepopuleran tanaman ini terus turun. Meskipun begitu, masih banyak orang yang tertarik menanam tanaman hias ini karena keunikan dan kecantikan warna daunnya.

Nah bagi kalian yang tertarik membudidayakan tanaman Aglaonema Merah, maka wajib mengetahui cara merawat tanaman tersebut agar warna daunnya tetap cantik dan tidak pudar. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat Aglaonema Merah yang benar, silahkan simak informasi cocoktanam.com berikut ini.

Cara Merawat Aglaonema Merah Agar Subur

Perawatan Aglaonema Merah
Perawatan Aglaonema Merah

1. Pemilihan Media Tanam

Media tanaman campuran merupakan media tanaman yang paling baik digunakan untuk menanam Aglaonema merah. Media tanaman yang baik adalah dengan campuran sekam bakar, pakis, pasir malang dan cocopeat. Perbandingan yang digunakan adalah 1:1:1:1 .

Media ini sangat baik untuk mempertahankan warna merah dari Aglaonema merah. Masing-masing media tanam memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti sekam bakar yang dapat bertahan lama namun daya serap air kurang baik.

Anda juga dapat menggunakan media tanam kompos daun dan pasir dengan perbandingan 3:1. Usahakan campuran dari media memiliki pH yang netral agar tanaman dapat tumbuh dengan bagus.

Hal ini diimbangi oleh penambahan pakis yang memiliki sistem drainase yang sangat baik dan dapat menyerap air dengan maksimal. Selain itu pakis memiliki daya tahan yang baik untuk pertumbuhan akar.

Pasir malang berfungsi sebagai pencegah terjadinya genangan air disekitar tanaman Aglaonema. sedangkan cocopeat sangat baik untuk menahan air. kelembapan yang baik pada media tanam akan membuat tanaman Aglaonema tumbuh dengan subur dan cantik.

2. Pemupukan

Selain media tanam, melakukan pemupukan juga sangat penting. Fungsi utama pemupukan adalah untuk memberikan nutrisi atau zat hara tambahan pada media tanam. Zat hara merupakan makanan yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu pemupukan juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman Aglaonema. pemupukan juga berfungsi agar warna cantik tanaman Aglaonema tidak pudar.

Lakukanlah pemupukan sekali dalam dua minggu dengan rutin. Jangan melakukan terlalu sering karena dapat membuat tanaman kering dan akhirnya mati. Gunakanlah pupuk yang cocok digunakan untuk tanaman hias jenis daun.

Anda juga dapat menggunakan pupuk kompos seperti kotoran hewan atau dedaunan kering. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pupuk kimia jenis NPK. Pupuk NPK memiliki kandungan nitrogen  yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk NPK juga mengandung fosfor yang baik untuk pertumbuhan akar tanaman dan mengandung kalium yang berfungsi mempertahankan keindahan warna daun Aglaonema merah.

Pemupukan juga dapat dilakukan dengan menggunakan aii bekas cucian beras yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

3. Menjaga Daun Yang Mengkilap

Daun tanaman Aglaonema merah memiliki keunikan yaitu daunnya yang mengkilap. Untuk menjaga mengkilap dari daunnya Anda dapat memberikan bahan organik berupa campuran susu, ampas kelapa dan air.

Oleskan campuran tadi pada permukaan daun Aglaonema secara rutin untuk menjaga kilauan dari permukaan daun Aglaonema. Lakukan cara ini setiap satu bulan sekali agar daun Aglaonema keindahannya tidak pudar.

4. Penyiraman

Penyiraman adalah salah satu cara merawat Aglaonema merah yang paling utama.  Lakukan penyiraman tanaman secara rutin yaitu setiap satu kali sehari. Gunakanlah air yang bersih untuk menyiram tanaman.

Usahakan jangan menggunakan air yang mengandung kaporit, hal ini karena kaporit dapat menyebabkan tanaman kering dan lama-lama akan mati. Air yang mengandung kaporit juga dapat menyebabkan warna daun Aglaonema yang cantik menjadi pudar.

5. Menyemprot Hormon Pertumbuhan

Menyemprotkan hormon pertumbuhan pada tanaman Aglaonema merah juga sangat penting unuk menjaga keindahan dari tanaman ini. Jenis hormon pertumbuhan yang dapat diberikan contohnya seperti Gandasil D, Vitabloom, Hyponex dan Growmore.

Hormon pertumbuhan ini dapat diberikan setiap 3 bulan sekali. Jangan memberikan hormon pertumbuhan terlalu sering karena hormon pertumbuhan justru akan membuat tanaman menjadi layu jika terlalu banyak hormon pertumbuhan.

6. Mengendalikan Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit juga apat menyerang tanaman Aglaonema merah dan dapat mengganggu pertumbuhan dan keindahan tanaman Aglaonema merah. Hama yang menyerang tanaman ini seperti ulat, kutu dan kumbang yang dapat merusak keindahan dari daun Aglaonema.

Hama yang menyerang tanaman Aglaonema dapat diatasi dengan menyemprotkan insektisida. Jamur juga dapat menyerang tanaman Aglaonema dan membuat batangnya maupun daunnya menjadi rusak atau membusuk.

Hal ini dapat diatasi dengan menyemprotkan fungisida pada tanaman. Selain jamur bakteri juga dapat menyerang tanaman Aglaonema merah dan dapat merusak tanaman Aglaonema. bakteri pada tanaman Aglaonema dapat dihilangkan dengan menyemprotkan insektisida.

Lakukan penyemprotan insektisida dan fungisida pada tanaman secara rutin. Anda dapat menyemprotkan satu kali dalam satu bulan agar tidak merusak tanaman.

7. Intensitas Cahaya Matahari

Walaupun tanaman Aglaonema dapat diletakkan di dalam ruangan, namun tanaman ini juga membutuhkan cahaya matahari untuk menjaga warna daunnya.  Tetapi jangan meletakkan tanaman Aglaonema dibawah terik sinar matahari secara langsung.

Hal ini karena cahaya matahari secara langsung dan terus-menerus dapat membuat tanaman Aglaonema menjadi layu dan kering. Cukup letakkan tanaman ini di tempat yang teduh namun masih dapat terkena sinar matahari pagi.

Anda juga dapat meletakkan tanaman Aglaonema di dalam ruangan, namun jangan lupa untuk menyinari tanaman dengan cahaya matahari. Keluarkan tanaman pada jam 8-10 pagi agar mendapatkan sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu terik.

Jika Anda ingin menanam tanaman Aglaonema merah sebagai tanaman hias Anda, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui cara merawat Aglaonema merah dengan baik. Hal ini bertujuan agar tanaman hias Anda dapat tumbuh dengan baik dan warnanya tetap indah dan tidak pudar.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam JagungCara Menanam Bunga Anggrek

Nah demikianlan informasi mengenai cara merawat Aglaonema merah. Silahkan kalian praktekan tips yang kami berikan di atas dan semoga tanaman Aglaonema Merah kesayangan kalian bisa tumbuh subur dan memiliki warna daun yang indah selama-lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *