Perawatan Tanaman

7 Cara Merawat Bunga Mawar agar Berbunga dengan Cantik

Cara Merawat Bunga Mawar – Bunga mawar masih menjadi idola para pencinta tanaman hias. Hal ini karena keindahan dan aroma yang dimiliki oleh bunga mawar. Selain itu kemudahan cara merawat bunga mawar juga menjadi salah satu nilai tambah tersendiri.

Bunga mawar juga memiliki ragam warna bunga yang sangat indah yang akan menghiasi pekarangan rumah Anda. Namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara merawatnya. Berikut adalah ulasan mengenai cara merawat bunga mawar agar mekar dengan lebat.

Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar
Cara Merawat Bunga Mawar

1. Memberikan Pupuk

Asupan nutrisi bunga mawar sangatlah penting agar bunganya dapat tumbuh dengan indah dan lebat. Salah satu cara pemberian nutrisi adalah dengan memberikan pupuk pada tanaman bunga mawar.

Dengan adanya pupuk selain tanaman menjadi lebih subur bunga mawar yang mekar juga lebih banyak dan cantik. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk kompos maupun pupuk kimia. Pupuk kompos yang digunakan biasanya yang berasal dari kotoran hewan.

Dapat juga menggunakan pupuk kimia seperti NPK. NPK adalah pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor dan kalium. Nitrogen berfungsi sebagai pertumbuhan bagi daun bunga mawar dan fosfor digunakan untuk akar, sedangkan kalium berfungsi untuk pertumbuhan bunga mawar.

Anda juga dapat memberikan fosfor alami yang berasal dari kulit pisang. Kulit pisang mengandung fosfor yang cukup tinggi dan dapat membantu pertumbuhan bunga mawar. Berikan 2 buah kulit pisang yang dihaluskan dan masukkan ke tanah setiap satu minggu satu kali.

Pemberian pupuk juga tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan tanaman menjadi kering dan mati. Lakukan pemupukan setiap dua minggu sekali.

2. Pemberian Semprot Hormon

Agar tanaman bunga mawar yang Anda tanam tumbuh dengan subur, semprotkan hormone pertumbuhan seperti ZPT. ZPT atau Zat Pengatur Pertumbuhan yang berfungsi merangsang pertumbuhan tanaman.

Terdapat pula hormon yang berfungsi untuk menambah kecepatan tanaman untuk berbunga. Hormon yang sering digunakan bernama Giberelin. Tambahkan Giberelin dengan air secukupnya kemudian semprotkan pada batang tanaman.

Bunga mawar juga dapat diberikan ZPT jenis Gandasil B yang berfungsi untuk melipat gandakan hasil bunga. Penyemprotan hormone dapat Anda lakukan selama tanaman mawar belum berbunga.

Setelah bunga mawar berbunga, Anda dapat terus menyemprotkan hormone namun dengan jumlah kadar yang sedikit saja.

3. Penyiraman

Hal yang paling penting adalah melakukan penyiraman dengan teratur. Air merupakan sumber utama yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhannya. Air sangat penting untuk melarutkan unsur hara dalam tanah untuk dapat diserap oleh akar tanaman.

Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari dan siramkan air pada tanah secukupnya. Jangan sampai air mengenai kelopak bunga mawar karena dapat menyebabkan bunga menjadi kering.

Gunakanlah air yang bersih untuk menyiram bunga mawar, atau gunakan air bekas cucian beras yang mengandung nutrisi untuk bunga mawar.

Saat musim hujan lakukanlah penyiraman satu kali dalam satu hari. Hal ini karena apabila tanaman mawar kebanyakan air maka akan menyebabkan batang membusuk dan akan mati.

4. Penyinaran

Sinar matahari sangat diperlukan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis. Selain itu sinar matahari juga dapat merangsang florasi atau pembuangan. Sinar matahari sangat berfungsi untuk membuat tanaman sering berbunga.

Berikan cahaya matahari pada tanaman bunga mawar pada pagi hari antara jam 6 sampai jam 10 pagi. Hal ini karena bunga mawar berfotosintesis sangat maksimal jam tersebut.

Jangan meletakkan tanaman bunga mawar dibawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan daunnya kering yang lama-kelamaan akan mati.

Anda juga dapat menanam bunga mawar di dalam ruangan, namun jangan lupa untuk memberikan sinar matahari pagi pada bunga mawar.

5. Pengendalian Gulma

Salah satu pengganggu pertumbuhan bunga mawar adalah gulma. Oleh karena itu pertumbuhan gulma harus Anda kendalikan. Kendalikan gula secara rutin agar bunga mawar dapat tumbuh dengan subur.

Gulma yang mengganggu bunga mawar adalah rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman mawar. Rumput-rumput tersebut harus dibersihkan secara rutin. Karena jika tidak dibersihkan rumput tersebut dapat menghambat pertumbuhan dari bunga mawar.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Bunga mawar juga dapat terserang hama dan juga penyakit yang dapat menghambat pertumbuhannya. Untuk menghasilkan bunga mawar yang maksimal anda harus melakukan pemberantasan hama dan penyakit.

Hama bunga mawar berupa ulat yang dapat memakan dedaunan tanaman bunga mawar. Pemberantasan hama dapat Anda lakukan dengan menyemprotkan insektisida. Insektisida juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu dan kumbang yang dapat merusak bunga mawar.

Selain hama tanaman mawar juga dapata diserang oleh jamur. Jamur pada tanaman mawar dapat diatasi dengan menyemprotkan fungisida pada tanaman secara rutin. Bakteri juga dapat menyerang tanaman mawar dan dapat merusak tanaman mawar.

Terdapat pula virus yang menyerang tanaman mawar bernama virus mozaik. Virus ini dapat menyebabkan tanaman menjadi belang-belang. Virus ini dapat ditanggulangi dengan menyemprotkan insektisida.

7. Pemangkasan Ranting

Pemnagkasan ranting adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tanaman mawar dapat tumbuh dengan rapi. Hal ini karena tanaman mawar yang memiliki banyak ranting dapat mengahmbat pertumbuhannya.

Jumlah ranting daun yang banyak juga dapat menyebabkan bunga tidak akan tumbuh dengan baik dan maksimal. Lakukan pemangkasan ranting dengan rutin setiap 2 minggu satu kali. Bersihkan pula dedaunan yang sudah kering agar tidak mengganggu keindahan tanaman mawar.

Berbagai cara merawat mawar diatas dapat Anda lakukan sendiri di rumah.oleh karena itu jangan ragu lagi untuk menanam bunga mawar di pekarangan rumah Anda. Hal ini karena memiliki tanaman hias yang indah tertata rapi di pekarangan rumah merupakan salah satu teknik relaksasi diri.

Baca Juga Informasi Lainnya
Kandungan Pupuk NPK MutiaraCara Menanam Daun Bawang

Itulah beberapa cara merawat bunga mawar dengan benar agar cepat berbunga. Untuk mendapatkan hasil dan kualitas bunga yang baik lakukan cara diatas dengan rutin. Demikian informasi dari kami semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa terus simak artikel terbaru dari kami hanya di Cocoktanam.com.