Cara Merawat Tanaman
Perawatan Tanaman

7 Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur dan Sehat

Cara Merawat Tanaman – Bercocok tanam saat ini bukan hanya menjadi sebuah pekerjaan, namun saat ini bercocok tanam sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Sayangnya banyak orang yang mengetahui  bagaimana cara merawat tanaman dengan baik sehingga tanaman menjadi kurang subur.

Bercocok tanam dapat membuat orang menjadi lebih bersemangat, terlebih bercocok tanam dapat membuat badan menjadi sehat. Oleh karena itu banyak orang yang mulai menanam tanaman hanya untuk sekedar hobi ataupun sebagai mata pencaharian agar nantinya hasil bercocok tanam dapat dijual.

Merawat tanaman yang ditanam memang sangat penting agar hasilnya bisa maksimal dan tanaman dapat tumbuh subur. Apabila berhasil tumbuh subur, tentu kita bisa mendapatkan hasil panen berlimpah sehingga bisa menambah pundi-pundi uang saat menjual hasil bercocok tanam.

Apapun jenis pohon ataupun tanaman yang kalian tanam, semuanya membutuhkan perawatan yang serius dan sepenuh hati. Nah bagi yang belum mengetahui bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar, silahkan simak informasi yang kami sampaikan di bawah ini.

Cara Merawat Tanaman Agar Subur

Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar
Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar

1. Penyiraman dengan Benar

Penyiraman merupakan faktor yang penting dalam menentukan kesehatan tanaman Anda. Usahakan menyiram tanaman Anda secara teratur. Sebaiknya jika Anda menyiram tanaman gunakanlah air yang bersih dan bebas kaporit.

Kaporit dalam air akan membuat tanaman layu dan lama-kelamaan akan mati. Perhatikan pula intensitas penyiraman yang Anda lakukan. Jangan terlalu sering dan jangan pula kurang.

Sebelum melakukan penyiraman pada tanaman Anda sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan air yang diperlukan oleh tanaman tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman Anda tidak mati karena kekurangan maupun karena kelebihan air.

Kelebihan air akan membuat tanaman Anda jadi membusuk dan akan mati. Begitu pula jika tanaman Anda kekurangan air maka tanaman akan kering dan lama-kelamaan juga akan mati.

Siramlah tanaman pada jam 6 pagi dan jam 4 sore. Lakukan penyiraman secara merata hingga membasahi semua media tanam tanaman Anda. Namun jangan menyiram tanaman dengan banyak air, karena akan membuat tanaman terjangkit penyakit.

2. Pemupukan

Cara Merawat Tanaman Yang Benar Agar Proses Pemupukan
Proses Pemupukan

Agar tanaman tumbuh dengan subur dan sehat ada baiknya jika Anda melakukan pemupukan tanaman. pemupukan berfungsi sebagai penambah nutrisi agar kebutuhan zat hara tanaman tercukupi.

Kebutuhan zat hara yang tercukupi akan membuat tanaman tumbuh sehat dan subur. Anda dapat menggunakan pupuk kimia maupun pupuk kompos. Pupuk kimia untuk tanaman yang sering digunakan adalah pupuk NPK.

Hal ini karena pupuk NPK mengandung nitrogen, fosfor dan kalium. Ketiga unsur ini merupakan zat hara yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. selain dengan pupuk kimia Anda dapat menggunakan pupuk kompos.

Pupuk kompos merupakan pupuk yang bebrasal dari kotoran hewan kandang seperti sapi, kambing dan ayam. Pupuk kompos akan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Caranya mudah hanya dengan mencampur media tanam dengan pupuk sebelum menanam tanaman Anda. Lakukan pemupukan secara rutin yaitu selama satu kali dalam 3 bulan.

Jangan terlalu sering memberikan pupuk pada tanaman karena akan membuat tanaman kering dan mati.

3. Memberikan Vitamin

Memberikan VItamin Pada Tanaman
Memberikan VItamin Pada Tanaman

Selain memberikan pupuk pada tanaman Anda juga harus memberikan vitamin pada tanaman Anda. Vitamin sangat baik untuk kesehatan dan kesuburan tanaman. Vitamin juga dapat menghindarkan tanaman Anda dari penyakit.

Jenis vitamin yang dapat Anda berikan adalah seperti Vitabloom, Hyponex dan Growmore. Vitamin tanaman ini dapat Anda beli di toko pertanian atau di toko tanaman. Berikan vitamin pada tanaman setiap 1 bulan satu kali.

Jangan terlalu sering memberikan vitamin pada tanaman karena akan menyebabkan tanaman mati. Berikan vitamin secukupnya saja.

4. Intensitas Sinar Matahari

Memperhatikan Instensitas Sinar Matahari
Memperhatikan Instensitas Sinar Matahari

Intensitas sinar matahari sangatlah penting untuk pertumbuhan tanaman. Hal ini karena tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Sinar matahari menjadi kebutuhan utama bagi tanaman.

Namun sinar matahari yang berlebihan juga akan membuat tanaman menjadi mati. Hal ini karena tanaman Anda akan kekeringan dan terbakar yang akan membuat tanaman layu hingga lama-kelamaan mati.

Ketahuilah dahulu tipe tanaman Anda sebelum menentukan meletakkan tanaman Anda dimana. Apakah tanaman Anda tidak tahan dengan sinar matahari atau dapat bertahan dalam sinar matahari yang terik.

Untuk tanaman yang Anda letakkan didalam ruangan, Anda dapat memberikan sinar matahari selama 3 sampai 4 jam di pagi hari.

5. Kelembapan Udara

Memperhatikan Kelembapan Udara Tanaman
Memperhatikan Kelembapan Udara Tanaman

Kelembapan udara sekitar juga menjadi faktor utama dalam kesuburan tanaman Anda. Salah satu  cara mengetahui tanaman Anda kelembapan udaranya tidak baik adalah dengan melihat daunnya.

Jika daun tanaman Anda terdapat bintik-bintik cokalt maka dapat dipastikan tanaman Anda membutuhkan kelembapan yang lebih. Tanaman membutuhkan kelembapan udara yang cukup untuk tumbuh.

Tanaman tidak akan tumbuh apabila tempat penanamannya salah atau tidak tepat. Sebelum menanam tanaman sebaiknya Anda mengetahui apakah tanaman Anda dapat bertahan hidup di suhu udara disekitar rumah Anda.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Mengatasi Hama Tanaman
Mengatasi Hama Tanaman

Tanaman juga dapat terserang hama dan penyakit yang akan menghambat pertumbuhannya hingga membuat tanaman mati. Oleh karena itu Anda harus mengendalikan hama dan penyakit yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman Anda.

Hama tanaman biasanya berupa ulat, kumbang dan kutu tanaman yang dapat merusak tanaman Anda.Anda dapat mengendalikan hama tanaman dengan menyemprotkan insektisida pada tanaman secara rutin.

Semprotkan juga fungisida untuk mencegah adanya jamur pada tanaman yang dapat membuat tanaman membusuk atau terkena penyakit.

7. Mengendalikan Gulma

Mengatasi Gulma Tanaman
Mengatasi Gulma Tanaman

Gulma adalah tanaman liar yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman Anda. gulma akan mencuri nutrisi yang Anda berikan untuk tanaman Anda. kendalikan gulma secara rutin agar tanaman Anda dapat tumbuh dengan subur.

Apabila gulma tidak dihilangkan nutrisi dan vitamin yang Anda berikan akan dicuri oleh gulma. Bukannya tanaman Anda yang subur namun gulma yang akan tumbuh subur.

Anda dapat menghilangkan gulma dengan mencabut gulma dengan rutin atau Anda dapat memberikan insektisida agar gulma tidak tumbuh di sekitar tanaman Anda.

Agar mendapatkan tanaman yang sehat dan subur sebaiknya Anda melakukan cara merawat tanaman diatas dengan rutin dan teratur. Untuk mendapatkan tanaman yang sehat dan subur sebenarnya sangat mudah yang terpenting Anda merawat tanaman dengan rutin dan benar.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Sawi HijauCara Menanam Singkong 

Cara merawat tanaman yang kami sampaikan di atas bisa diaplikasikan untuk merawat semua jenis tanaman. Dengan mengikuti tips di atas, semoga tanaman yang kalian tanam bisa tumbuh subur. Nah cukup sekian informasi cocoktanam.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.