Jenis Pupuk NPK
Pupuk

8 Jenis Pupuk NPK Dan Kegunaannya : Wajib Tahu

Jenis Pupuk NPK – Pupuk merupakan material yang dibutuhkan oleh tanaman sebagai sumber nutrisi. Pupuk mengandung berbagai unsur hara yang digunakan sebagai makanan. Salah satu jenis pupuk yang cocok untuk semua jenis tanaman adalah NPK.

Salah satu pupuk majemuk yang paling terkenal adalah jenis pupuk NPK. Pupuk NPK mengandung unsur hara yang lengkap termasuk hara makro dan mikro. Sehingga banyak digunakan untuk berbagai jenis tanaman, baik pertanian, perkebunan, tanaman pangan, buah, bunga dan lainya. 

Jenis pupuk NPK memang ada banyak dan harus kamu ketahui supaya nantinya saat menanam tanaman yang membutuhkan pupuk NPK tidak bingung memilih mana yang tepat. Dimana setiap pupuk yang ada pastinya memiliki Komposisi yang berbeda-beda, maka dari itu memilih pupuk jenis NPK yang benar merupakan sebuah keharusan.

Pupuk NPK merupakan pupuk yang mengandung unsur hara Nitrogen, Fosfor dan Kalium dengan kombinasi yang seimbang. Pupuk NPK juga terdiri dari unsur mikro sebagai unsur hara sekunder atau tambahan. Berikut COCOKTANAM.COM telah merangkum informasi menggenai Jenis-jenis pupuk NPK yang wajib kamu ketahui.

Jenis-Jenis Pupuk NPK

Kegunaan Pupuk NPK
Kegunaan Pupuk NPK

1. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara merupakan pupuk NPK yang mengandung unsur hara makro dan mikro. Pupuk ini mempunyai bentuk butiran berwarna biru. NPK Mutiara diproses secara Odda menggunakan asam nitrat melalui pelarutan batuan fosfat.

Pupuk NPK Mutiara sangat cocok untuk tanaman karena mampu bereaksi dengan cepat. Pupuk ini dapat merangsang pertumbuhan sehingga mempercepat masa panen. NPK Mutiara dapat membantu memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh akar, batang dan daun.

NPK Mutiara dikenal dengan pupuk NPK 16-16-16 karena mengandung hara Nitrogen 16%, Fosfat 16% dan Kalium 16%. Ditambah dengan kandungan hara sekunder yaitu MgO 0.5% dan Kalsium CaO 6%.

2. Pupuk NPK Ria Plus 16-16-16

Pupuk NPK Ria mengandung kombinasi unsur hara 16-16-16. Pupuk ini mampu menghasilkan anakan dengan jumlah yang lebih besar serta menghasilkan tanaman lebih tinggi.

NPK Ria juga dapat memberikan warna daun lebih hijau dan rindang. Karena pupuk NPK Ria menyediakan hara Nitrogen Fosfor dan Kalium yang cukup untuk penyediaan makanan bagi tanaman.

3. Pupuk NPK Zamrud 16-16-16

NPK Zamrud merupakan pilihan pupuk terbaik bagi tanaman. Karena jenis pupuk npk mampu memenuhi kebutuhan unsur hara  keseluruh bagian tanaman. Pupuk ini juga tidak terpengaruh oleh kondisi tanah.

Pupuk NPK Zamrud mengandung hara makro dan mikro. Unsur hara makro termasuk Nitrogen, Fosfor dan Kalium serta unsur hara mikro yaitu Belerang dan Magnesium yang mudah diserap oleh akar.

NPK Zamrud dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Serta dapat digunakan untuk berbagai jenis tanah dan lahan. Bahkan cocok untuk berbagai kondisi iklim, cuaca dan lingkungan.

4. Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Manfaat Pupuk NPK
Manfaat Pupuk NPK

NPK Pak Tani merupakan pupuk majemuk yang unsur hara lengkap. Meliputi Nitrogen, Nitrat Nitrogen, Amonium Nitrogen, Fosfat, Pottasium Oksida, Kalsium Oksida, dan Magnesium Oksida.

Pupuk NPK Pak Tani mampu diserap oleh akar tanaman dengan cepat. Karena mudah larut dalam air. Penggunaan pupuk ini dapat disebarkan ke permukaan tanah, atau dilarutkan dalam air untuk penyiraman.

NPK Pak Tani dapat meingkatkan pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif dan generatif. Karena dapat dijadikan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan untuk tanaman padi, sayuran, buah, bunga, jagung, palawija, perkebunan, dan hortikultural.

5. Pupuk NPK Kebomas 16-16-16

Pupuk NPK Kebomas termasuk jenis pupuk NPK yang mengandung unsur hara lengkap. Pupuk andalan ini berwarna merah bata dengan bentuk butiran kecil. Penggunaanya dapat ditaburkan pada permukaan tanah.

Pupuk NPK Kebomas lebih efesien dalam penggunaanya. Serta dapat meningkatkan kualitas hasil produksi tanaman. Pupuk ini juga dapat memberikan jumlah panen yang lebih banyak dan melimpah. Pupuk NPK Kebomas dapat digunakan secara langsung tanpa dicampur dengan pupuk lain. Sehingga dapat mengatasi kelangkaan pupuk tunggal. Dengan manfaat pupuk tersebut, banyak yang memilih menggunakan jenis pupuk yang satu ini.

6. Pupuk NPK Mahkota 16-16-16

Pupuk NPK Mahkota dengan kombinasi 16-16-16 merupakan jenis pupuk yang dapat digunakan untuk semua jenis tanaman. Pupuk ini termasuk majemuk super yang diimpor dari negara Rusia untuk tanaman perkebunan, buah, pangan dan sebagainya.

NPK Mahkota mempunyai kandungan hara yang seimbang. Sehingga cocok digunakan pada masa vegetatif dan generatif. Karena pada masa tersebut tanaman sedang tumbuh dan berkembang.

Selain kandungan Nitrogen, Fosfor dan Kalium, NPK Mahkota juga mengandung hara mikro. Hara mikro dalam pupuk ini yaitu Kalsium Florida sebanyak 11%, dan Nitrat sebanyak 5.5%. Bentuk fisik NPK Mahkota seperti butiran berukuran kecil dan berwarna merah muda.

7. Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

NPK Pelangi termasuk pupuk majemuk yang berasal dari Kalimantan Timur. Pupuk ini mempunyai banyak variasi. Proses pembuatanya sesuai dengan permintaan konsumen dan kebutuhan tanaman.

Pupuk NPK Pelangi mengandung unsur hara primer yang lengkap. Dengan proses pembuatan dengan mechanical blending. Sehingga mampu memberikan kualitas yang tinggi dan banyak disediakan di pasaran.

Jenis pupuk ini sangat cocok untuk tanaman hortikultural. Namun, NPK Pelangi juga dapat digunakan untuk jenis tanaman lain, termasuk perkebunan, dan sebagainya. Pupuk ini mempunyai beberapa jenis salah satunya pupuk NPK Phonska.

8. Pupuk NPK Phonska

Pupuk NPK Phonska mengandung unsur hara yaitu Nitrogen, Fosfat dan Kalium. NPK Phonska juga mengandung hara sekunder yaitu Sulfur sebanyak 10%. Pupuk ini mempunyai bentuk butiran berwarna merah muda.

NPK Phonska merupakan pupuk yang disubsidi oleh pemerintah. Sehingga mempunyai harga yang cukup terjangkau. Pupuk produksi perusahan terbesar ini termasuk dalam kelompok pupuk tani yang telah terdaftar secara resmi.

Pupuk Phonska mempunyai keunggulan mudah diserap oleh akar. Sehingga dapat membantu proses pertumbuhan tanaman serta proses pembuatan makanan bagi tumbuhan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Kegunaan Pupuk UreaManfaat Pupuk ZA

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk yang mengandung unsur hara lengkap. Dengan kombinasi unsur hara Nitrogen, Fosfor dan Kalium mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tanaman. Namun alangkah baiknya juga saat menggunakan pupuk perhatikan juga takaran dan juga efek samping pada tanaman jenis lain. Demikian informasi menggenai Jenis Pupuk NPK semoga bisa bermanfaat buat kamu yang hendak membeli atau bahkan mencari Pupuk NPK terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *