Jenis Tanaman Aglaonema
Jenis Tanaman

15 Jenis Tamanan Aglaonema Paling Populer dan Paling Dicari

Jenis Tanaman Aglaonema Paling Populer – Tanaman Aglaonema merupakan salah satu jenis tanamanan hias daun dari keluarga talas-talasan atau araceae. Tanaman hias ini juga dijuluki dengan Sri rejeki atau kalau diluar negri juga dijuluki dengan nama chinese evergreen ini memang sedang sangat populer sekali.

Tanaman hias dengan nama Aglaonema ini memang banyak sekali mencuri perhatian para pecinta tanaman hias. Tidak hanya pohonya yang menarik, namuan warna daunya yang khas serta motif daun yang cukup keren menjadikan tampilan tanaman ini makin canik dan makin eksotis sehingga sangat memanjakan mata kita.

Sehingga tak heran jika tanaman yang akrab di sapa dengan Sri rejeki ini juga disebut dengan “Ratu daun”, atau “Ratu tanaman hias daun”. Saat ini tanaman hias Aglaonema ini memang sedang banyak ciri oleh para pecinta tanaman hias. Harga tanaman ini juga bervariasi muali dari jenis dan ukuran tanaman tersebut.

Nah, bagi anda pecinta tanaman hias pastinya kalian sudah tahu jenis-jenis tanaman Aglaonema ini. Memang ada banyak sekali jenis tanaman hias yang satu ini, namun bagi anda yang belum tahu pasti akan sangat kebingungan dalam mencari tanaman jenis ini. Untuk itu Cocoktanam.com akan mengulas sedikit informasi jenis tanaman Aglaonema paling populer dan yang paling banyak dicari.

Jenis Tanaman Aglaonema Paling Populer

 

Jenis Tanaman Aglaonema
Jenis Tanaman Aglaonema

Tanaman hias terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya tanaman hias daun. Salah satu jenis tanaman hias daun adalah tanaman hias Aglaonema. Di Indonesia terdapat beberapa jenis-jenis tanaman Aglaonema.

Ratu daun adalah nama julukan dari tanaman Aglaonema. Hal ini karena tanaman hias Aglaonema memiliki beragam jenis dan warna daun yang sangat eksotis. Jika Anda tertarik menanam Aglaonema maka Anda wajib mengetahui spesies dari tanaman Aglaonema berikut ini.

Jenis Tanaman Aglaonema Si Ratu Daun

1. Aglaonema Red Kochin

Aglaonema Red Kochin memiliki nama lain Aglaonema kochin super, super red kochin dan lebih dikenal dengan sebutan Manee Srisuk. Warna daun Aglaonema jenis ini berwarna merah tua namun tepi daunnya berwwarna hijau gelap.

Tanaman ini memiliki bentuk tangkai yang panjang dan daun yang menjuntai. Tanaman ini digemari karena warna merah cerah yang dimiliki.

2. Aglaonema Claudia

Tanaman Aglaonema jenis ini memiliki warna daun yang unik yaitu hijau pucat. Daunnya juga ada yang berwarna hijau kekuningan yang pucat. Daun yang dimiliki tersusun rapi dan teratur pada batang tanaman.

Daun berbentuk menyirip dengan komposisi daun yang sangat teratur. Spesies Aglaonema Claudia dapat bertahan hidup meskipun diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman ini juga dapat bertahan hidup dengan diletakkan di dekat jendela. Untuk merawatnya tidak sulit cukup lakukan penyiraman dan pemberian pupuk secara rutin.

3. Aglaonema Pride of Sumatera

Spesies Aglaonema Pride of Sumatera merupakan generasi pertama sebelum adanya spesies Aglaonema merah. Bentuk daun ellips memanjang dengan pertumbuhan tanaman tegak dan kokoh.

Tangkai daun berwarna merah muda atau pink. Permukaan daun berwarna hijau gelap dengan bercak merah. Tulang daun berwarna merah cerah.

4. Aglaonema Emerald

Tanaman Aglaonema jenis ini memiliki warna daun hijau gelap dan terdapat bercak berwarna hijau pucat dan putih pada permukaan daunnya. Bentuk daun ellips memanjang dan memiliki tangkai daun yang menjuntai.

Tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin namun tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

5. Aglaonema Bidadari

Dari sekian jenis tanaman Aglaonema, jenis inilah yang memiliki harga paling mahal. Hal ini karena spesies ini memiliki kombinasi warna yang sangat cantik.

Warna daunnya bervariasi yaitu warna kuning, jingga, merah muda dan hijau. Tanaman ini memiliki tangkai penopang berwarna merah muda dan terdapat bercak hijau pada ujung tangkai.

Tanaman Aglaonema

6. Aglaonema Adelia

Spesies tanaman Aglaonema jenis ini memiliki bentuk daun yang rucing pada ujung daunnya. Warna daun yang merah menyala sangat menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Ukuran daun tanaman ini cukup besar dengan permukaan yang mengkilat dan memiliki kombinasi warna merah dan hijau yang intens. Tanaman ini dapat tumbuh hingga tinggi 30 cm.

Jangan meletakkan tanaman ini pada sinar matahari langsung karena dapat merusak keindahan warna daunnya.

7. Aglaonema Lady Valentine

Spesies tanaman Aglaonema jenis ini memiliki bentuk daun bulat telur dengan tekstur agar bergelombang. Tanaman ini memiliki warna merah muda yang merona. Terdapat juga bercak berwarna hijau pada tepi dan tengah daun.

8. Aglaonema Red Ruby

Ciri khas tanaman ini adalah memiliki daun yang berwarna merah ruby. Pada permukaan daunnya terdapat bercak berwarna kehijauan.

Spesies ini memiliki umur yang panjang dan warna daun akan terus dipertahankan selama beberapa tahun.

9. Aglaonema Tiara

Spesies Aglaonema tiara adalah spesies yang paling digemari, hal ini karena spesies ini sering memenangkan lomba pameran kembang tingkat nasional. Itulah yang membuat tanaman Aglaonema ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Tanaman Aglaonema ini memiliki keunikan pada daunnya yang memiliki bercak berwarna merah yang merata pada permukaan daunnya. Terdapat pula bercak warna hijau yang juga tersebar merata keseluruh daun.

10. Aglaonema Widuri

Tanaman Aglaonema jenis ini memiliki daun dengan warna kuning dan terdapat bercak berwarna hijau. Tulang daunnya berwarna merah muda cerah. Bentuk daunnya oval dan agak cekung.

11. Aglaonema Cinta

Aglaonema cinta adalah tanaman hias paling favorit karena dapat dijadikan ungkapan kasih sayang dan tanda cinta kepada seseorang. Tanaman ini memiliki warna daun kombinasi hijau, kuning, jingga dan merah muda.

Jenis tanaman Aglaonema ini adalah yang paling tahan terhadap suhu ruangan, sehingga dapat dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Aglaonema Merah
Aglaonema Merah

12. Aglaonema Moonlight

Aglaonema jenis ini adalah jenis terbaik di Indonesia. Bentuk daunnya bulat dan cekung seperti sebuah mangkok. Tulang daun berwarna merah cerah, dengan warna daun kekuningan dan kombinasi merah muda yang cantik.

13. Aglaonema Legacy

Jenis tanaman Aglaonema yang satu ini termasuk dalam golongan harga yang mahal. Daunnya berwarna hijau kekuningan dengan aksen bercak berwarna hijau. Bercak berwarna hijau gelap tersebar merata di seluruh permukaan daun.

Tanaman ini memiliki bentuk daun bulat dengan ujung yang runcing. Daun tanaman ini dibatasi tulang daun yang berwarna merah lembut.

14. Aglaonema Lipstik

Aglaonema lipstik memiliki nama lain Siam Aurora. Tanaman ini memiliki daun dengan warna hijau mengkilat dan pada tepi daun terdapat warna merah seperti lipstik.

15. Aglaonema Donna Carmen

Tanaman Aglaonema jenis ini memiliki daun yang rimbun. Bentuk daun bulat dan berwarna hijau kekuningan dengan bercak berwarna merah. Tulang daunnya berwarna merah muda yang cerah.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan sangat mudah.

Terdapat 30 lebih jenis-jenis tanaman Aglaonema yang tersebar di Indonesia dan di luar negeri. Kemudahan dalam merawat tanaman Aglaonema dan kecantikannya membuat tanaman hias ini sangat populer. Selain itu tanaman hias ini juga dapat dijadikan sebagai penghias ruangan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menanam Sayuran HidroponikCara Budidaya Kelapa Sawit

Nah itulah sedikit informasi mengenai jenis tanaman Aglaonema paling populer dann paling dicari di Indonesia. Dengan mengetahui jenis-jenis tanaman tersebut kalian akan lebih mudah dalam menentukan pilihan tanaman tersebut. Dan jangan lupa cari tahu juga informasi mengenai cara merawat tanaman Aglonema agar tetap subur. Demikian informasi dari kami semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.