Kandungan Pupuk NPK Mutiara
Pupuk

7 Kandungan Pupuk NPK Mutiara Beserta Manfaatnya

Kandungan Pupuk NPK Mutiara  – Tanaman membutuhkan unsur hara untuk pertumbuhannya. Dalam memenuhi kebutuhan primer dan sekunder dilakukan pemupukan. Baik menggunakan pupuk organik atau kompos maupun pupuk anorganik.

Pemupukan menjadi bagian penting dalam rantai pemeliharaan tanaman. Salah satu jenis pupuk yang baik untuk budidaya tanaman yaitu pupuk NPK Mutiara. Kandungan pupuk NPK Mutiara dapat digunakan untuk sektor pangan, tanaman, perkebunan dan hortikultural.

Manfaat menggunakan pupuk NPK Mutiara memang sangat banyak. Hal ini tak lepas dari kandungan yang ada didalamnya, karena mampu menyuburkan berbagai macam tanaman.

Bagi yang sudah terbiasa bercocok tanam, pasti tidak asing dengan pupuk yang satu ini. Sebab NPK Mutiara menjadi salah satu pupuk favorit para petani diseluruh Indonesia. Namun sebelum menggunakan pupuk tersebut, ada baiknya menyimak apa saja manfaat dan kandungan yang ada di dalamnya.

Manfaat dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara

Kandungan dan Manfaat Pupuk NPK Mutiara
Kandungan dan Manfaat Pupuk NPK Mutiara

Pemupukan menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan bagi tanaman. Pemberikan pupuk harus memperhatikan waktu, dosis dan juga cara yang tepat. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pertumbuhan tanaman tersebut.

Pupuk NPK Mutiara merupakan jenis pupuk anorganik yang mengandung lebih dari satu unsur. Karena NPK Mutiaran dibuat dengan proses Odda menggunakan sam nitrat dalam larutan batuan fosfat.

Pupuk NPK Mutiara mempunyai kandungan unsur sebagai berikut.

1. Nitrogen 16%

NPK Mutiara mempunyai unsur yang lengkap dan dikenal dengan pupuk NPK 16-16-16. Salah satu unsur yang berperan penting yaitu Nitrogen. NPK Mutiara mengandung 16% Nitrogen yang dapat menjamin penyebaran unsur hara bagi tanaman.

Pupuk NPK ini juga mempunyai kombinasi Nitrogen yang dapat merespon pertumbuhan tanaman dengan cepat. Sumber Nitrogen yang efesien mampu meminimalkan hilangnya unsur hara pada lingkungan sehingga tanaman tumbuh dengan maksimal.

Dengan kombinasi yang lengkap termasuk Nitrogen, NPK Mutiara mampu menjaga dan menjamin penyebaran semua hara yang seimbang dan seragam. Sehingga pertumbuhan tanaman lebih cepat dan hasil panen lebih maksimal.

2. Fosfat 16%

Kandungan Fosfat bermanfaat bagi tanaman untuk memenuhi kebutuhan metabolisme energi. Fosfat mampu meningkatkan pertumbuhan akar, pembelahan sel, pembentukan umbi dan pembungaan.

Fosfat dalam pupuk NPK Mutiara dapat membantu menyediakan ketersediaan hara dalam tanah. Sehingga hara mikro lebih efesien seperti Zn Cu dan Mn yang dibutuhkan bagi tanaman.

Pupuk NPK Mutiara merupakan pupuk lengkap yang menyediakan hara bagi tanaman. Jika kebutuhan hara termasuk Fosfat tidak terpenuhi, dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat bahkan tanaman bisa mati.

3. Kalium 16%

Kombinasi 16-16-16 dalam pupuk NPK Mutiara termasuk Kalium. Kalium dibutuhkan bagi tanaman untuk menjaga keseimbangan air dalam sel dan turgor sel.

NPK Mutiara menyediakan hara Kalium yang seimbang. Kalium dapat bertanggung jawab dalam transportasi dan produksi gula serta saat tanaman kehilangan air karena transpirasi.

Kandungan Kalium dapat meningatkan kualitas hasil panen baik rasa, warna dan daya simpannya. Serta dapat membantu pembentukan protein dan kerja enzim, meningkatkan ketahanan terhadap stress atau serangan hama dan penyakit.

Kandungan 16-16-16 termasuk Kalium yang seimbang sangat diperlukan bagi tanaman. Khususnya saat terjadi kekeringan atau cuaca dingin yang dapat menyebabkan tanaman stress. Kalium memberikan peran besar terhadap kondisi tanaman yang seperti itu.

4. Nitrate Nitrogen 6.5%

Nitrate Nitrogen merupakan kombinasi unsur untuk memenuhi kebutuhan dalam tanah. Unsur NO3 ini berfungsi untuk mengembalikan pH tanah agar tetap dalam konsidi stabil.

Dengan kandungan unsur yang lengkap, pupuk NPK Mutiara cocok untuk tanaman. Setiap butiranya mengandung unsur yang seimbang dan merata. Sehingga tidak ada efek negatif yang resiko pencampuran dalam tanah.

Kombinasi Nitrate Nitrogen dengan unsur lain dalam pupuk NPK Mutiara mampu memberikan kualitas prill. Serta meningkatkan kualitas hasil panen tanaman. Karena pupuk jenis ini dapat digunakan untuk berbagai sektor perkebunan.

Pupuk NPK Mutiara mengandung hara yang seimbang. Sehingga mampu mengatur, memelihara dan merawat pertumbuhan tanaman, baik untuk pertumbuhan primer maupun sekunder.

5. Magnesium Oksida 1.5%

NPK Mutiara juga mengandung unsur MgO sebagai unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Magnesium berperan dalam proses pembentukan zat hijau daun serta dalam proses transportasi enzim dalam tanaman.

Magnesium juga berfungsi untuk mengatur distribusi karbohidrat ke jaringan tanaman secara merata. Tanaman yang kekurangan unsur ini tidak mempunyai energi sehingga unsur tidak terserap dengan baik.

Dalam memenuhi kebutuhan tanaman, pupuk NPK Mutiara hadir dengan kandungan Magnesium Oksida yang sesuai. Pupuk Urea cocok untuk jenis tanaman mulai dari tanaman bunga, sayuran, buah, hingga tanaman pangan.

6. Kalsium Oksida 5%

Kalsium mempunyai peran penting bagi pucuk dan ujung akar atau titik tumbuh tanaman. Jika tanaman kekurangan Kalsium dapat menurunkan kualitas produksi dan membuat pertumbuhan terganggu.

Ciri tumbuhan yang kekurangan Kalsium dapat dilihat dari pucuk daunya yang kering. Pada ujung buah biasanya busuk dan pertumbuhan akar terhenti.

Kalsium bersifat tetap sehingga tidak mudah berpindah dalam tumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan unsur tersebut, NPK Mutiara memberikan kombinasi unsur Kalsium didalamnya. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan hasil panenpun memuaskan.

7. Ammonium Nitrogen 9.5%

Pupuk NPK Mutiara jga mengandung Ammonium Nitrogen. Ammonium menjadi unsur pelengkap dalam pertumbuhan tanaman. Sehingga mampu menghasilkan tanaman yang sehat dan produktif.

Penggunaan pupuk NPK Mutiara yang baik mampu meningkatkan produksi panen. Karena Ammonium Nitrogen digunakan sebagai cadangan dalam pertumbuhan tanaman.

Ammonium Nitrogen dan Nitrogen dalam NPK Mutiara berfungsi memberikan respon yang cepat. Sehingga hasil produksi tanaman lebih banyak. Pupuk NPK Mutiara menyediakan sumber Nitrogen yang efesien untuk mengurangi kehilangan hara dalam lingkungan.

Kandungan pupuk NPK Mutiara dalam bentuk Ammonium dan Nitrat mampu menyediakan hara yang cukup dan seimbang. Cara penggunaan pupuk ini juga sangat mudah dengan kualitas yang terbukti serta intensitas debu yang rendah.

Sebagai upaya memelihara dan merawat pertumbuhan tanaman, pemberikan pupuk NPK Mutiara sangat diperlukan. Dalam setiap butiran pupuknya terdapat hara yang seimbang sehingga mampu memberikan asupan makanan yang baik untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Merawat Aglaonema MerahCara Menanam Jagung

Setelah mengetahui semua kandungan serta manfaat yang dimiliki pupuk NPK Mutiara, maka kita bisa semakin yakin menggunakan pupuk ini untuk menyuburkan tanaman yang kita tanam. Nah cukup sekian informasi cocoktanam.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam bercocok tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *