Kegunaan Pupuk NPK
Pupuk

9 Kegunaan Pupuk NPK Bagi Kesuburan Tanaman

Kegunaan Pupuk NPK – Pupuk terbagi menjadi dua jenis yaitu pupuk organik dan anorganik. Jenis pupuk anorganik di Indonesia ada beberapa macam, salah satunya pupuk NPK. Pupuk NPK mengandung unsur hara yang lengkap yaitu Nitrogen, Fosfor, Sulfur dan Kalium.

Kandungan unsur hara yang lengkap membuat pupuk NPK banyak digunakan oleh para petani. Karena kegunaan pupuk NPK sangat membantu meningkatkan hasil produksi tanaman di berbagai sektor. Baik itu pertanian, perkebunan, pangan dan sebagainya.

Pupuk NPK menjadi salah satu jenis pupuk terbaik untuk tanaman. Karena mampu meningkatkan pertumbuhan dan menghasilkan buah, biji, sayur atau bunga yang berkualitas. Untuk tanaman padi sendiri, pupuk NPK mampu menghasilkan butir padi yang berisi.

Pupuk NPK mengandung unsur hara yang lengkap. Meliputi Nitrogen 15%, Kalium 15%, Fosfos 15%, Sulfur 10% dan kadar air 2%. Dengan kandungan tersebut, NPK mampu memenuhi kebutuhan hara pada tanaman.

Fungsi dan Kegunaan Pupuk NPK

Fungsi dan Kegunaan Pupuk NPK
Fungsi dan Kegunaan Pupuk NPK

Sebagai pupuk majemuk yang lengkap, pupuk NPK bermanfaat untuk:

1. Meningkatkan pertumbuhan tanaman

Kandungan unsur hara dalam pupuk NPK mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Baik itu pertumbuhan vegetatif ataupun pertumbuhan generatif.

Pertumbuhan yang terpelihara dapat membuat tanaman sehat dan tumbuh dengan baik. Karena asupan hara dan makanan didalamnya terpenuhi. Terutama saat proses pembentukan makanan atau fotosintesis.

Pemberian pupuk NPK secara teratur dan sesuai mampu menghasilkan tanaman yang berkualitas. Ditandai dengan pertumbuhan yang cepat, segar batang kokoh, kuat dan menghasilkan buah yang lebih banyak.

2. Meningkatkan ketahanan batang

Faktor alam seperti angin, cuaca, tanah, dan sebagainya dapat membuat tanaman menjadi mati atau rusak. Karena batang tanaman tidak mampu menahan kondisi tersebut.

Jika tanaman sudah roboh, otomatis pertumbuhan akan terganggu bahkan bisa mati. Sehingga untuk menguatkan batang, dapat dilakukan dengan pemberian pupuk NPK.

Pupuk NPK mengantung unsur hara terutama Kalium yang mampu memberikan kekuatan pada batang. Kalium juga dapat membuat tanaman tahan terhadap kekeringan ataupun cuaca dingin.

3. Melancarkan transportasi gula

Selain proses fotosintesis, tanaman juga melakukan transportasi gula dan pati. Semua aktivitas tersebut diperlukan dalam proses pertumbuhan tanaman sebagai cadangan makanan.

Jika salah satu aktivitas terganggu, dapat menghambat aktivitas lainya. Terutama proses pembentukan gula dan pati. Sehingga dengan adanya unsur hara dari pupuk NPK dapat memenuhi nutrisi bagi tanaman untuk beraktivitas.

4. Meningkatkan pertumbuhan akar

Akar merupakan pondasi bagi tanaman. Jika akar rusak, tanaman tidak bisa tumbuh dan berkembang. Bahkan bisa menyebabkan tumbang atau roboh.

Akar berfungsi menyerap air bagi tumbuhan. Air dibutuhkan dalam proses pembentukan makanan. Jika kebutuhan air kurang, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis dengan sempurna.

Pemupukan NPK menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan pada akar. Sehingga akar lebih kuat dan mampu menopang batang serta buahnya dengan baik dan tahan terhadap serangan lingkungan.

5. Menghasilkan tanaman yang sehat

Pupuk NPK mengandung hara Nitrogen dan Kalium yang dapat menjaga pertumbuhan tanaman. Unsur tersebut juga mampu menghasilkan tanaman yang sehat dan berdaun hijau lebat.

Daun yang kering dapat menjadi tanda terjadi kerusakan pada tanaman. Biasanya disebabkan karena serangan hama atau penyakit. Sehingga membuat tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, pupuk NPK memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk meningkatkan daya tahan tumbuhnya terhadap hama dan penyakit. Pupuk NPK juga mampu menghasilkan biji, buah, bunga atau sayur yang berkualitas.

6. Meningkatkan kandungan protein pada tanaman

Protein juga dibutuhkan dalam tanaman. Sebagai pupuk yang mengandung kombinasi tiga unsur hama makro yaitu Nitrogen, Kalium dan Fosfor, pupuk NPK mampu memenuhi kebutuhan protein dalam tumbuhan.

Pupuk NPK juga mengandung unsur hara CaO dan juga MgO. Sehingga menjadi lima kombinasi unsur hara yang lengkap. Unsur hara tersebut berperan penting bagi pertumbuhan primer maupun sekunder tanaman.

7. Dapat digunakan untuk semua jenis tanaman

Pupuk NPK dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman. Mulai dari tanaman hias, tanaman bunga, tanaman buah, sayur, tanaman pangan, pertanian dan perkebunan. Karena pupuk NPK bersifat mudah larut dan diserap oleh akar.

Pupuk NPK bisa diterapkan pada semua jenis tanah. Karena mempunyai sifat netral atau tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa. Sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi tanah.

Penggunaannya juga sangat mudah. Cukup dengan ditaburkan kepada tanaman. Atau disiramkan menggunakan teko siram.

8. Menjaga keseimbangan unsur hara

Kandungan unsur hara yang lengkap dapat menjaga keseimbangan hara makro dan mikro. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan akar, tubas, batang dan daun serta bunga atau buah.

Pupuk NPK juga berperan dapat proses pembentukan klorofil yaitu zat hijau daun. Sehingga mampu menghasilkan daun yang lebih segar, hijau dan lebat. Unsur hara dalam NPK juga dapat memicu pertumbuhan akar dan batang menjadi lebih kuat dan kokoh.

Pupuk NPK dapat meningkatkan pertumbuhan benih pada tanaman padi. Serta meningkatkan proses pertumbuhan hingga menjadi padi yang siap panen. Kalium didalamny dapat menghasilkan kualitas panen yang maksimal.

9. Mudah digunakan dan ditemukan

Pupuk NPK dapat digunakan dengan mudah dan berbagai cara. Untuk tanaman kebun dapat dilakukan dengan cara penaburan. Sedangkan untuk tanaman holtikultural dapat digunakan dengan cara diencerkan dengan dosis tertentu lalu dikocorkan.

Selama menggunakan pupuk NPK selalu perhatikan dosis yang diberikan. Karena tanaman juga membutuhan keseimbangan antara unsur hara, air dan sinar matahari. Terutama dalam proses pembentukan makanan.

Sebagai salah satu pupuk yang terkenal dan mudah ditemukan dipasaran. Pupuk NPK mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Kegunaan pupuk NPK yang paling utama untuk meningkatkan hasil panen.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membasmi Kutu PutihKandungan Pupuk NPK 

Seperti yang kalian lihat di atas, ada banyak sekali kegunaan pupuk NPK untuk kesuburan tanaman. Semua fungsi di atas menjadikan pupuk NPK sebagai pilihan paling tepat bagi kalian yang hobi bercocok tanam. Nah cukup sekian informasi cocoktanam.com pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *