Pupuk SP 36
Pupuk

11 Manfaat Pupuk SP 36 Untuk Tanaman Padi

Manfaat Pupuk SP 36 – Salah satu cara untuk membuat Tanaman menjadi lebih subur adalah dengan memberinya pupuk. Baik pupuk buatan ataupun pupuk kimia asalkan sesuai dengan takaran maka akan membuat tanaman menjadi lebih subur.

Salah satunya adalah pupuk jenis SP 36, dimana pupuk jenis ini banyak di gunakan oleh para petani yang menanam padi di sawah. Meskipun sebenarnya pupuk yang satu ini bisa di aplikasikan pada berbagai jenis tanaman lain.

Pupuk SP 36 adalah pupuk untuk tanaman yang memiliki kandungan fosfat yang sangat tinggi yaitu 36%. Kegunaan pupuk SP 36 sangatlah banyak untuk tanaman. Terlebih pupuk ini sangat baik untuk pertumbuhan tanaman padi.

Kandungan fosfat pada pupuk ini sangat diperlukan oleh tanaman untuk pertumbuhan kesuburan tanaman. Selain fosfat pupuk ini juga mengandung zat penting yang dibutuhkan tanaman sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Berikut COCOKTANAM.COM sudah merangkum manfaat pupuk SP 36 yang lainnya.

Daftar Manfaat Pupuk SP 36

Pupuk SP 36
Pupuk SP 36

1. Kesuburan Tanah

Pupuk SP 36 mengandung unsur hara penting yang merupakan makanan utama bagi tanaman. Oleh sebab itu penggunaan unsur hara pada tanaman dapat menambah kesuburan tanah.

Beberapa unsur hara penting yang terkandung dalam pupuk SP 36 seperti fosfor, asam sitrat adalah unsur hara penting yang harus ada pada tanah. Unsur hara ini akan diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Karena penggunaan pupuk ini di sebarkan ditanah maka unsur hara penting dalam pupuk akan meresap dahulu ke tanah sebelum akhirnya akan diserap oleh tanaman.

2. Menghasilkan Panen yang Melimpah

Selain menjadikan tanah lebih subur pupuk ini juga akan menghasilkan hasil panen yang melimpah. Hal ini karena kebutuhan makanan tanaman sudah terpenuhi oleh tanah yang subur. Sehingga hasil olahan makanan dari fotosintesis akan di simpan dalam bentuk buah.

Terlebih lagi pada tanaman padi, tanaman padi yang diberikan pupuk SP 36 akan menghasilkan padi yang sangat banyak dan berkualitas. Oleh karena itu pupuk ini sering digunakan oleh petani padi agar hasil panennya melimpah.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman

Pupuk SP 36 juga dapat membuat tanaman tidak rentan terhadap penyakit. Hal ini karena nutrisi tanaman tercukupi sehingga kesehatan tanaman akan lebih kuat. Tanaman juga tidak akan mudah terserang penyakit.

Daya tahan tanaman yang meningkat juga dapat menyebabkan tanaman terbebas dari hama dan kutu tanaman. Hal ini akan membuat tanaman Anda menjadi tumbuh lebih subur karena pertumbuhannya tidak terganggu oleh hama dan penyakit.

4. Memperbaiki Kualitas Hasil Panen

Kualitas hasil panen Anda akan meningkat jik Anda menggunakan pupuk SP 36. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pupuk ini mengandung banyak unsur hara yag diperlukan oleh tanaman.

Tanaman yang diberikan pupuk dengan yang tidak diberikan pupuk tentu hasil panennya akan berbeda kualitasnya. Saat nutrisi tanaman terpenuhi maka tanaman dapat menghasilkan hasil panen yang lebih berkualitas. Tanah yang menjadi subur juga menjadi salah satu faktor hasil panen dapat meningkat dan berkualitas.

5. Merangsang Pertumbuhan Akar

Manfaat Pupuk SP 36
Manfaat Pupuk SP 36

Kandungan fofsor pada pupuk SP 36 dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman. akar tanaman yang tumbuh dengan baik akan dapat mengahsilkan tanaman yang sehat dan subur.

Hal ini karena akar merupakan bagian tanaman yang berfungsi untuk menyerap unsur hara yang ada di tanah. Apabila akar tumbuh dengan baik tentu penyerapan unsur hara tanaman menjadi lebih maksimal dan tanaman akan tumbuh denga maksimal.

6. Merangsang Pembelahan Sel

Pupuk SP 36 juga dapat merangsang pertumbuhan pembelahan sel dalam tanaman. Pembelahan sel merupakan proses dimana sel membelah menjadi dua kemudian akan membelah lebih banyak lagi.

Pembelahan sel tanama merupakan salah satu cara tanaman untuk mempernbanyak diri. Pembelahan sel juga berhubungan dengan sistem reproduksi tanaman tersebut.

Pembelahan sel dalam tanaman akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh menjadi besar. Selain itu pembelahan sel yang cepet dapat meregenerasi sel-sel yang sudah mati.

7. Pengangkut Hasil Metabolisme

Kandungan fosfor pada pupuk SP 36 juga berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis tanaman dan mengedarkannya keseluruh jaringan tanaman. Akibatnya kebutuhan nutrisi setiap sel tanaman tercukupi dengan baik dan tanaman dapat tumbuh dengan subur.

8. Memperkuat Batang

Kandungan fosfor dan asam sitrat pada pupuk SP 36 juga akan membuat batang tanaman menjadi lebih kuat. Pada tanaman padi, pupuk ini akan menambah kekuatan batang padi dalam menopang tanaman dan buah yang akan tumbuh.

Kekuatan batang padi sangat penting agar batang padi tidak merunduk. Batang padi yang merunduk akan membuat tanaman rusak dan tidak dapat berbuah dengan baik. Oleh sebab itu pemberian pupuk ini sangat penting pada tanaman padi.

9. Mempercepat Pertumbuhan Bunga

Dikarenakan pembelahan sel terjadi dengan cepat dan sistem reproduksi tanaman berjalan dengan baik, hal ini akan membuat bunga tanaman lebih cepat untuk tumbuh.

Bagi Anda yang memberikan pupuk ini pada tanaman hias Anda, maka tanaman hias Anda tentunya akan lebih cepat berbunga. Bunga yang dihasilkan pun akan memiliki kualitas yang lebih baik.Kandungan fosfor dalam pupuk ini dapat membuat warna bunga menjadi lebih cerah dan lebih segar.

10. Mempercepat Proses Pematangan Buah

Proses pematangan buah merupakan proses dimana buah mengalami perubahan bentuk, rasa, tekstur, warna dan juga bau buah.

Pematangan buah terjadi lebih cepat karena pembelahan sel terjadi dengan cepat dan sistem reprodukdi tanaman terjadi dengan baik dan cepat. Hal ini mengakibatkan buah akan lebih cepat matang.

11. Merangsang Pertumbuhan Biji

Pupuk SP 36 biasanya digunakan untuk tanaman yang menghasilkan cadangan makanan dalam bentuk biji seperti tanaman jagung, padi dan gandum. Kandungan fosfro yang tinggi akan merangsang tanaman untuk lebih cepat membentuk biji yang berkualitas.

Pupuk ini juga dapat digunakan pada tanaman sagu. Bagi Anda yang menanam tanaman melalui biji, Anda dapat menggunakan pupuk ini untuk mempercepat pertumbuhan tanaman tersebut.

Kegunaan pupuk SP 36 ternyata sangat penting untuk tanaman. Pupuk ini sangat baik untuk meningkatkan produksi panen tanaman Anda. Namun pupuk SP 36 juga dapat digunakan pada tanaman hias untuk menghasilkan tanaman hias yang cantik dan subur.

Pupuk Jenis ini memang kebanyakan di gunakan pada media padi dengan umur sesuai dengan kebutuhan baik awal maupun peretangahan masa tanam. Fungsi pupuk ini yang terbilang sangat lengkap dan banyak untuk yanaman terutama pada juga harus di imbangi dengan proteksi dari ancaman hama semisal Tikus atau kutu sekalipun.M

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membasmi Kutu PutihKandungan Pupuk NPK 

Ada banyak sekali pilihan merek pupuk berkualitas yang bisa kamu pilih sesuka hatimu. Namum kebanyak pupuk yang dijual memang memiliki harga dan juga komposisi yang tidak jauh berbeda dengan yang lain. Demikian informasi kali ini dari cocoktanam semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari manfaat pupuk yang satu ini.