Pupuk ZA
Pupuk

7 Manfaat Pupuk ZA Untuk Tanaman Jagung

Manfaat Pupuk ZA – Salah satu tanaman dengan karbohidrat tinggi adalah Jagung. Tanaman Jagung tumbuh di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Dalam pertumbuhanya, tanaman ini memerlukan pupuk ZA untuk memenuhi kebutuhan haranya.

Pupuk ZA atau Ammonium sulfat merupakan pupuk buatan yang banyak mengandung nitrogen (N) sebanyak 21 % dalam bentuk Amonium dan sulfur atau belerang sebanya 24 %. Dan nama amonium sulfat juga dikenal dengan rumus kimia NH4SO4.

Dalam penggunaanya manfaat pupuk ZA untuk tanaman Jagung salah satunya untuk memenuhi kebutuhan Nitrogen. Karena pupuk ini mengandung unsur hara Mitrogen hingga 21% dan Sulfur 24%. Sehingga dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman Jagung.

Nah bagi anda yang ingin mengunakan pupuk jenis ini kalian bisa membelinya di toko-toko pupuk terdekat yang ada di daerah kalian. Selain itu, pupuk ZA ini juga mampu menyuburkan tanaman sehingga hasil panen kalian bisa melimpah dan berkualitas. Dan berikut adalah manfaat pupuk ZA untuk tanaman jagung.

Manfaat Pupuk ZA Untuk Tanaman Jagung

Manfaat Pupuk ZA
Manfaat Pupuk ZA

Jagung bukan hanya sebagai makanan pokok, namun dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk berbagai kebutuhan pangan. Untuk manfaat yang dihasilkan oleh tanaman ini, pemeliharaan dan perawatan selama masa tumbuh adalah hal yang sangat penting.

Proses pemupukan adalah rangkaian pemeliharaan untuk pertumbuhan tanaman. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Jagung, pupuk yang digunakan harus mengandung unsur yang dibutuhkan. Sehingga pupuk ZA adalah jenis pupuk yang paling cocok untuk tanaman Jagung.

Pupuk ZA termasuk pupuk tunggal dan sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman serta kesuburan tanah. Selain itu, pupuk ZA juga memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan hasil panen Jagung

Pupuk ZA dapat memberikan hasil panen Jagung yang lebih maksimal. Karena unsur hara yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik. Dalam menggunakan pupuk ini, dosis penggunaan harus diperhatikan dengan baik.

Dosis pupuk ZA pada masa pertumbuhan tanaman Jagung sebanyak 1 gelas untuk dilarutkan dalam 30 ml air. Pemberikan pupuk tersebut dilakukan selama 7 hingga 10 hari sebanyak 50 ml untuk satu tanaman Jagung.

Pemberian pupuk ZA ini dilakukan setelah pengairan. Sehingga tanaman dapat mendapatkan kebutuhan air yang cukup selain kebutuhan hara. Perhatikan pula media tanam yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman Jagung tersebut.

Jagung juga dapat diolah menjadi bahan makanan lain salah satunya tepung. Sehingga hasil panen yang tinggi mampu meningkatkan keuntungan bagi para petani Jagung.

2. Meningkatkan kualitas Jagung

Pupuk ZA dapat memperbaiki hasil panen Jagung. Baik untuk warna, rasa, isi, bentuk dan sebagainya. Sehingga Jagung yang dihasilkan lebih berkualitas. Pupuk ZA juga dapat meningkatkan kadar protein, vitamin, gizi, gula, lemak dan juga pati dalam Jagung.

Untuk mendapatkan kualitas Jagung tersebut, pemberikan pupuk pada masa pembungaan harus diperhatikan. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara penyiraman ke lubang dekat pangkal sebanyak 50 ml. Ketentuan ini dapat mempengaruhi hasil panen Jagung nantinya.

Pemberian pupuk ZA dapat dilarutkan dengan 25 hingga 30 liter air. Pemupukan dilakukan selama 7 sampai 10 hari. Pada masa pengisian pemberian pupuk dilakukan setiap 10 hari sekali pada lubang buatan dengan jarak 15 cm dari pangkal Jagung.

Meningkatkan Kualitas Jagung
Meningkatkan Kualitas Jagung

3. Tahan terhadap serangan hama

Salah satu penyebab gagal panen adalah serangan hama. Tanaman Jagung juga rentan terserang penyakit dan gangguan alam seperti kekeringan, cuaca dingin, dan sebagainya. Hal tersebut pasti membuat pertumbuhan terganggu dan mempengaruhi hasil panen.

Jika serangan hama dan penyakit tidak segera diatasi, tanaman bisa rusak bahkan mati. Sehingga pemberian pupuk ZA menjadi salah satu alternatif untuk melindungi tanaman Jagung pada masa pertumbuhanya.

Pupuk ZA mampu memenuhi kebutuhan hara Jagung, sehingga dapat tumbuh dengan sehat. Penggunaan pupuk ZA yang sesuai mampu menjaga tanaman dari berbagai gangguan alam bahkan dari gangguan lingkungan termasuk kekeringan.

4. Mempercepat pertumbuhan

Pupuk ZA merupakan jenis pupuk termasuk untuk tanaman Jagung. ZA dapat memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman dengan tetap menjaga kondisi tanah. Pupuk ZA dapat mempercepat masa pertumbuhan pada bagian akar, batang dan daun.

Bagi vegetative ini merupakan bagian paling penting bagi tanaman. Karena masa pertumbuhan diawali dengan tumbuhnya bagian tersebut. Pupuk ZA juga mampu membentuk lemak, protein, dan senyawa organik lainya.

Selain mengandung Nitrogen, ZA juga mengandung belerang. Belerang dalam pupuk ini dapat meningkatkan masa pertumbuhan dan perkembangan tanaman Jagung.

5. Meningkatkan jumlah anakan tanaman

Salah satu faktor penentu hasil panen yaitu pemupukan. Pemupukan harus diberikan dengan baik dan benar. Termasuk jenis pupuk yang digunakan.

Untuk tanaman Jagung, jenis pupuk yang sangat cocok adalah ZA. Pupuk ini dapat memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dan tanah. Karena unsur hara dalam tanah saja tidak cukup bagi pertumbuhan tanaman.

Tanaman Jagung membutuhkan unsur hara primer yang terdiri dari N,P dan K. Selain itu, Jagung juga membutuhkan unsur hara sekunder yaitu Ca, Mg, dan S. Semua hara tersebut dapat terpenuhi dengan pemberian pupuk ZA yang teratur.

6. Membantu proses pembentukan zat gula

Kandungan belerang dalam pupuk ZA bermanfaat untuk pembentukan zat gula. Sebagai tanaman pangan yang mengandung karbohidrat, Jagung mengandung gula, protein dan vitamin yang cukup tinggi.

Untuk meningkatkan kualitas rasa pada Jagung, proses pemupukan juga berperan penting. Saat pemberian pupuk, perhatikan dosis yang ditentukan. Karena dosis dapat mempengaruhi hasil Jagung.

7. Membantu pembentukan klorofil

Klorofil merupakan zat hijau daun. Butiran hijau daun ini dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan atau fotosintesis. Dengan zat hijau daun yang cukup dapat menjadi sumber nutrisi atau makanan bagi tumbuhan.

Salah satu ciri tanaman sehat adalah pada warna daunnya. Tanaman yang sehat mempunyai daun yang hijau dan rimbun. Untuk mendapatkan daun hijau tersebut, proses pemupukan harus diperhatikan dengan baik.

Tanaman Jagung bukan hanya sebagai tanaman pangan saja. Namun, tanaman ini dapat menjadi pakan ternak. Selain buahnya yaitu Jagung, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan daunnya sebagai bahan pembungkus makanan dan sebagainya.

Manfaat pupuk ZA untuk Jagung pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan unsur hara didalamnya. Karena tanaman tidak hanya membutuhka air dan sinar matahari saja. Namun membutuhkan unsur hara lain seperti Nitrogen, Kalium, Belerang, dan sebagainya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Manfaat Pupuk UreaManfaat Pupuk SP 36

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat pupuk ZA untuk tanaman jagung. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa terus simak ulasan mengenai cara cocok tanam yang baik hanya di Cocoktanam.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *